Beranda BLOGS TIPS: Bersih-Bersih Helm Sendiri a la RSV Helmet

TIPS: Bersih-Bersih Helm Sendiri a la RSV Helmet

JAKARTA, Carvaganza.com — Wabah Corona atau COVID-19 menjadi hal yang menakutkan saat ini bagi seluruh masyarakat. Kita dituntut untuk menjaga daya tahan tubuh dan lebih bersih. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi lingkungan, rumah, atau kendaraan. Nah, bagi pengguna sepeda motor selain menjaga kebersihan kendaraan, juga sebaiknya menjaga kebersihan kelengkapan berkendara. Salah satunya adalah helm.

“Helmet harus dibersihkan agar terhindar dari debu, bakteri dan virus,” ucap Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet melalui pesan singkatnya Sabtu (21/3/2020) kemarin kepada Motovaganza.

Apalagi saat ini merebaknya virus corona membuat kitah harus waspada. Penggunaan helm juga berpotensi menjadi salah satu penyebar. Apalgi helm full face yang digunakan secara bergantian. Karenanya tentu perlu dilakukan pencegahan.

RSV Helmet merupakan brand dalam negeri yang memiliki kualitas untuk bersaing dengan helm-helm pabrikan asing. Richard mengatakan, pengguna sepeda motor yang saat ini sedang menjalani bekerja dari rumah bisa melakukan beberapa tips membersihkan helm dari RSV.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, RSV Helmet Ganti Cara Konsumen Fitting

Cara Membersihkan

Pada dasarnya inner padding serta komponen lain yang bisa dilepas, maka lepaskan untuk dibersihkan dari bakteri serta kotoran yang menempel.

“Lepaskan bagian visor dan padding dari shell helm. Lalu gosok bagian padding dengan cairan pembersih dan kemudian bilas dengan menggunakan lap microfiber. Setelah itu, keringkan bagian yang telah dibersihkan tersebut di ruang terbuka sampai benar-benar kering,” jelas Richard.

Sementara untuk bagian visor, untuk membersihkannya ternyata tidak cukup hanya dilap dengan menggunakan lap. Tetapi, ada langkah lain yang harus dilakukan agar lebih bersih sekaligus tidak merusak permukaan visor.

Baca juga: RSV Helmet Kini Punya Versi Half Face dengan Double Visor

“Untuk bagian visor, pertama-tama lepaskan terlebih dahulu lalu setelah itu masukan visor ke dalam air. Setelah semua bagian meraka masuk ke dalam air, lalu keringkan dan dilap menggunakan bahan microfiber sampai kering,” tambah Richard. Membasuh menggunakan air bertujuan agar semua kotoran bisa terangkat. Sedangkan penggunaan microfiber agar visor tidak lecet akibat goresan kain.

Bagian terakhir yang harus diperhatikan adalah shell helm. Bagian ini juga tidak boleh lepas dari perhatian untuk dibersihkan. “Bilas shell helm dengan cairan pembersih, setelah semua merata lalu bilas dan lap dengan microfiber hingga kering. Serta jangan lupa untuk mengeringkan sampai kering,” tandas Richard.

Untuk helmet harian, ada baiknya dibersihkan dalam jangka waktu 1-2 minggu sekali secara berkala. Sebisanya saat tidak digunakan, helm harus diangin-anginkan menghindari kelembaban. Kemudian untuk para pengguna helm RSV tidak perlu khawatir. Hanya tinggal datang ke store RSV terdekat nanti akan dibersihkan secara gratis.

VALDO PRAHARA

Video Terbaru Youtube The Official Oto