Beranda TEST RIDE TEST RIDE: Melibas Gunung Merapi dengan Royal Enfield Himalayan

TEST RIDE: Melibas Gunung Merapi dengan Royal Enfield Himalayan

JAKARTA, 12 Oktober 2018 — Setelah artikel sebelumnya membahas perjalanan motor Royal Enfield Himalayan di jalur kota Yogyakarta, kini membahas perjalanan ketika melalui jalur bebatuan ke Gunung Merapi. Leader kami mengajak untuk memasuki area ini melewati bebatuan yang cukup terjal dan bersamaan dengan mobil-mobil Jeep.

Saya yang terbiasa dengan motor harian dan banyak melintas di jalur ibu kota awalnya agak ragu dan tidak berani untuk melintasi jalan bebatuan ini. Namun, tidak lama untuk beradaptasi dengan jalurnya. Mudah saja untuk melibas bebatuan dan menyalip para mobil Jeep di bebatuan dengan mudah.

Konsentrasi dituntut penuh untuk melintasi jalur ini, karena kalau salah melindas atau menubruk batu bisa langsung jatuh. Tapi, Royal Enfield Himalayan cukup mudah dikendalikan. Memang, posisi duduk sangat nyaman dan terasa empuk. Hanya saja trick melewati jalan tidak rata disarankan untuk sedikit berdiri agar guncangan tidak terlalu menekan ke badan.

Kemudian, motor juga sangat mudah untuk diajak maneuver di bebatuan. Untuk menanjak jalur batu dan berliku juga ia memiliki tenaga yang mumpuni dan terbilang cukup agresif pada putaran bawahnya. Perpindahan transmisi yang alus juga tidak membuat motor langsung tersentak saat kopling dilepas secara kaget.

Sesampainya di kopi Merapi, jalur bekas dilalui oleh lahar panas ketika gunung Merapi meledak dulu. Pemandangan indah dan udara segarnya membuat saya percaya diri setelah melintasi bebatuan dengan motor Himalayan ini.

Kerasnya jalur bebatuan ini terbayar lunas dengan pemandangan dan hangatnya kopi Merapi. Kemudian saat pulang dan melalui jalur berliku, saya tidak ragu untuk mengajaknya rebah. Hanya saja jauh lebih waspada dengan adanya hewan sapi atau kambing yang menyeberang.

Pengalaman hari ini memang belum 100% cukup bagi saya untuk menilai kemampuan Royal Enfield Himalayan. Tapi setidaknya, jalur-jalur light off-road menjadi santapan mudah bagi motor ini. Tenaganya cukup oke, demikian juga dengan handling yang cukup mudah. Sedangkan kenyamanannya, bolehlah mendapat jempol.

VALDO PRAHARA

latest updates

BMW Skutik BMW C 400 X Resmi Meluncur, Harga Rp 259 Juta

JAKARTA, 16 Februari 2019 -- PT Maxindo Moto Nusantara pemegang BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan skutik premium BMW C 400 X...

New Honda Africa Twin CRF 1100L Siap Tantang BMW1200GS

TOKYO, 16 Februari 2018 – Jika rumor ini benar, maka tak lama lagi Honda Africa Twin CRF1100L akan diluncurkan. Motor...

Kenapa Helm Trail dan Offroad Seperti Cakil? Ternyata Ini Alasannya

JAKARTA, 15 Februari 2019 – Helm menjadi bagian penting bagi pengguna sepeda motor. Benda ini menjadi pelindung utama bagian kepala...

Corsa M5 Ban Awet yang Dirancang untuk NMax

JAKARTA, 12 Februari 2019 – Corsa baru saja melansir ban baru yang diberi nama M5 yang merupakan ban terbaru dari...

Marc Marquez Main Angklung Bawakan Lagu Bengawan Solo di Bandung

BANDUNG, 11 Februari 2019 – Akhir pekan pembalap MotoGP Repsol Honda Team, Marc Marquez di Bandung ditutup dengan bermain angklung...