Beranda EDITOR'S PICKS Eksklusif: Test Ride Triumph Tiger XCa Bromo-Jakarta

Eksklusif: Test Ride Triumph Tiger XCa Bromo-Jakarta

Great Bikes, Great Friends, Great Adventures

(Foto-foto: Munawar Chalil/Motovaganza)

JAKARTA, 25 Agustus 2015 – Triumph Motorcycles Indonesia baru saja meluncurkan trio Triumph New Tiger 800 di ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2015. Beruntung, sebelum peluncuran Motovaganza secara eksklusif menjadi media pertama yang menjajal ketangguhan salah satu modelnya yaitu Triumph New Tiger XCa.

Kesempatan ini saya dapatkan saat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Gunung Bromo, Jawa Timur, PP (pulang pergi) saat perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, pekan lalu. Sekali seumur hidup kita harus mencapai sesuatu yang sebelumnya terkesan mustahil. Dan perjalanan ini menjadi pengalaman yang luar biasa buat saya.

Berangkat dari Jakarta, saya menggunakan Triumph Explorer 1200. Sebagai motor berkarakter adventure, motor ini very powerful dan sangat stabil saat melaju cepat di atas berbagai permukaan jalan. Untuk riders pemula seperti saya, langsung beradaptasi dengan bobot dan power yang sangat besar.

24082015-Moto-Triumph_Tiger_02

Perjalanan saya lalui dengan asik karena ditemai rekan-rekan dari Triumph Motorcycles Indonesia. Explorer 1200 ini sangat sempurna untuk perjalanan jarak jauh karena mampu membawa beban yang berat.

Setelah melakukan upacara bendera di padang pasir Gunung Bromo, kami kembali ke Jakarta. Kejutannya, saya mendapat kesempatan mencoba Tiger XCa. “Wah, bangga juga jadi media pertama yang menunggangi motor yang bahkan belum dirilis resmi di Indonesia ini,” pikir saya.

Bobotnya yang mencapai 221 kg, rasanya cukup pas untuk postur orang Indonesia. Meski harus ekstra hati-hati saat melaju pelan atau membelah kemacetan. Tapi gas yang menggunakan ride by wire alias electric control, plus kopling yang enteng, nggak bikin pegel.

24082015-Moto-Triumph_Tiger_01

Pengendalian yang mudah membuat Triumph Tiger XCa “hayuk aja” diajak ke jalanan dengan model apapun. Suspensi menggunakan WP USD fork berukuran 43mm with adjustable rebound and compression damping. Suspensi ini memang dikenal sangat kuat dan empuk untuk adventure. Asiknya lagi, jok bisa diatur ketinggiannya (adjustable seat height) antara 840 mm – 860 mm.

Dalam situs resminya, pabrikan asal Inggris ini mengatakan XCa memang difokuskan untuk memaksimalkan kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh. Buktinya, motor ini menggunakan heated rider and passenger seats, heated grips, dan LED fog lamp yang sangat membantu penerangan jika riding saat gelap.

Belum lagi beragam teknologi baru yang dipakaikan. Catat saja traction control, switchable ABS, dan 3 rider modes alias pilihan pengendaraan yaitu Road mode, Off-road mode, dan Rider mode. Benar-benar membantu.

25082015-Moto-Triumph_Tiger_03

Mesin juga baru. Menggunakan generasi kedua liquid-cooled 800cc, in-line three cylinder, yang menghasilkan tenaga 95hp dan torsi 79Nm. Triumph mengklaim generasi kedua mesin ini bisa 17% lebih hemat dari generasi sebelumnya. Triumph menyebut Tiger XCa bisa menempuh jarak 272 mil (437,7 km) dengan sekali isi bahan bakar full.

Hanya saja karena penggunaan ban yang relatif kurus dan berdiameter besar (depan 21 inci, belakang 18 inci) saya merasakan kurang stabil saat melaju kecepatan di atas 130 km/jam.

Setelah melintasi 4 provinsi, Triumph Tiger XCa ini teryata asyik banget dibawa. Oh ya, selain memberikan sensasi berkendara, ternyata perjalanan sama sekali tidak melelahkan. Buktinya? Setelah tiba Kamis (20/8) subuh, saya ikut hadir saat peluncuran resmi Triumph New Tiger 800 di GIIAS 2015.

MUNAWAR CHALIL