Beranda MOTORSPORTS Suzuki Fokus Perbaiki Mesin dan Sasis GSX-RR 2019

Suzuki Fokus Perbaiki Mesin dan Sasis GSX-RR 2019

TOKYO, 6 Februari 2019 Dua pembalap Team Suzuki Ecstar MotoGP, Alex Rins (#42) dan Joan Mir (#36), akan mengandalkan Suzuki GSX-RR 2019. Senjata baru Suzuki ini tampil baru dengan berbagai perubahan yang siap menghadapi MotoGP musim 2019.

Suzuki menggunakan masa jeda mempersiapkan versi terkini dari keseluruhan teknis tim dan kendaraan yang akan digunakan oleh kedua pembalap sejak awal musim. Target mereka adalah membangun motor dengan tenaga mesin yang meningkat, tanpa kehilangan daya cengkeram ban, serta meningkatkan kedinamisan motor saat di tikungan masuk dan keluar.

Technical Manager, Ken Kawauchi, mengatakan, “Setelah akhir musim lalu, kami memiliki ide-ide yang jelas tentang apa yang kami butuhkan untuk meningkatkan penampilan kami,” katanya.

Ia mengatakan berbagai perbaikan sudah dilakukan untuk musim ini. “Kami telah mengembangkan mesin spek baru, sasis spek baru, dan kami telah membuat beberapa perbaikan dalam elektronik dan juga di fairing,” ungkapnya.

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, juga mengaku timnya akan lebih berfokus pada pengembangan sasis dan mesin motornya. Hal ini dilakukan Suzuki lantaran dua hal tersebut kerap dikeluhkan oleh dua pembalapnya di ajang MotoGP 2018. Meski demikian Alex Rins mengakhiri musim dengan finis di posisi kelima dan Andrea Iannone di tempat ke-10.

Sementara pembalap andalan Suzuki Alex Rins mengatakan tak sabar untuk kembali ke lintasan. “Liburan musim dingin ini terasa sangat lama dan saya tidak sabar untuk kembali ke GSX-RR. Setelah tes terakhir pada bulan November saya memberikan umpan balik yang jelas untuk para insinyur bekerja, sejauh yang saya tahu perbaikan yang akan kami coba di Sepang tidak akan drastis tetapi banyak perbaikan kecil di berbagai bidang,” kata pembalap 23 tahun tersebut.

MotoGP musim 2019 akan dibuka pada 10 Maret mendatang dengan Qatar Grand Prix of Qatar yang dilangsungkan di Losail International Circuit, Lusail.

RAJU FEBRIAN