Beranda UPDATES Sudah Deal, Motor Listrik Energica Segera Masuk Indonesia

Sudah Deal, Motor Listrik Energica Segera Masuk Indonesia

JAKARTA, Motovaganza.com – Kabar gembira bagi otomotif roda dua datang di tengah wabah virus corona baru (COVID-19). Indonesia akan kedatangan satu brand baru dalam waktu dekat. Energica Motor Company berambisi ekspansi ke negara Asia Tenggara. Mereka memilih Indonesia sebagai pasar utama. Pabrikan motor asal Italia dikabarkan sudah menandatangani kerja sama dengan Utomocorp. Dalam waktu dekat, mereka siap memulai bisnis dan menjual produknya di Tanah Air.

Alasannya apa lagi kalau bukan pasar Indonesia yang besar. Energica sendiri siap memperluas daya tarik global. Sebagai catatan, angka penjualan sepeda motor domestik yang mencapai 6 juta unit per tahun. Hasil ini merupakan total tertinggi ketiga di dunia setelah India dan Cina.

“Indonesia ialah pasar yang penting bagi Energica. Kami senang menyambut Utomocorp ke dalam jaringan kami. Kesepakatan baru ini tentunya dapat meningkatkan jalur pengembangan komersial kami di wilayah Asia,” kata Giacoo Leone, Energica Sales & Field Marketing Director dikutip dari Ride Apart.

Ketertarikan Energica terhadap pasar di Indonesia disebut sebagai langkah yang tepat. Begitu pula dengan Utomocorp yang mengambil kesempatan dengan mendatangkan berbagai brand motor listrik di Tanah Air. Di lain sisi, kendaraan niremisi di sini juga sedang berkembang. Dukungan dari pemerintah juga telah berjalan, dengan mengeluarkan roadmap menuju elektrifikasi dan sudah menyiapkan berbagai regulasinya.

“Ini adalah waktu yang tepat bagi Utomocorp memasuki pasar motor listrik khususnya di segmen premium. Saya telah mengikuti kemajuan Energica sejak 2015,” jelas CEO of Utomocorp, Denny Utomo dari sumber yang sama.

Baca juga: Katalis EV.500, Motor Listrik Bergaya Pesawat Tempur PD II

Model

Utomocorp merupakan induk perusahaan retail dan distributor yang membawahi bisnis pertambangan batubara, produk lifestyle serta merek otomotif. Melalui laman resmi, mereka sudah melampirkan brand Energica sebagai salah satu protofolio, melengkapi jajaran merek lain seperti Italjet, Niu, maupun Royal Alloy.

Memang belum ada keterangan model yang akan boyong ke Indonesia. Energica sendiri punay 4 model yaitu Eva Ribelle, ESSEESSE9, EGO, dan EGO+. Melihat website mereka, sudah menampilkan dua model yang kemungkinan bakal ditawarkan, yakni Energica Ego dan Ego+.

Keduanya merupakan motor listrik tipe sport full fairing yang sudah dibekali komponen ternama, seperti rem Brembo, suspensi depan Marzocchi, pelek OZ, dan shockbreaker Bitubo.

Baca juga: Xiaomi Kenalkan Motor Listrik Seharga Smartphone

Tenaga

Kedua-duanya ditenagai paket baterai canggih dengan fitur pengisian cepat. Dan paling penting sudah tergolong ZEM (Zero Emission Motorcycle). Dengan teknologi mode fast charging, ia mampu terisi sebanyak 80 persen hanya dalam 40 menit saja.

Untuk tipe Ego, menggunakan baterai sebesar 13,4 kWh dan sanggup berlari sejauh 200 km. Semantara Ego+ 21,5 kWh dan daya tempuhnya mencapai 400 km. Masing-masing mampu menghantarkan daya 107 kW (sekitar 145 hp) dengan torsi 200 Nm. Namun khusus Ego+ torsinya mencapai 215 Nm. Pabrikan mengklaim kemampuan akselerasi Energica Ego hanya butuh 3 detik untuk mencapai 100 km/jam dari kondisi diam. Kecepatan maksimumnya dibatasi hingga 240 km/jam.

Seperti diketahui, produsen motor listrik yang bermarkas di Modena, Italia ini cukup terkenal di kancah roda dua. Mayoritas produknya ialah motor sport. Energica Motor Company ditunjuk oleh Dorna sebagai pabrikan tunggal untuk menyuplai motor listrik di kejuaraan FIM Enel MotoE World Cup 2019. Itu merupakan kelas superbike elektrik pertama di Kejuaraan MotoGP yang dimulai dari musim 2019.

Sumber: Ride Apart, Bike Republic

Baca Juga: Motor Listrik Energica Siap Dijual di Indonesia

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube The Official Oto