Beranda UPDATES Studi: Mengendarai Sepeda Motor Mengurangi Stress

Studi: Mengendarai Sepeda Motor Mengurangi Stress

CALIFORNIA, 31 Januari 2019 – Sepeda motor tak lagi sekedar sarana transportasi yang mengantar Anda dari satu tempat ke tempat lain. Berkendara dengan sepeda motor alias riding ternyata juga bisa menghilangkan stress.

Hal ini terungkap dalam penelitian dari Semel Institute for Neuroscience dan Human Behavior, di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat. Penelitian tersebut membuktikan bahwa berkendara sangat baik untuk kesehatan mental Anda.

Penelitian, yang didanai oleh Harley-Davidson America, dilakukan oleh tiga peneliti UCLA. Mereka menggunakan peralatan electroencephalogram untuk merekam aktivitas otak dan kadar hormon lebih dari 50 pengendara sepeda motor sebelum, selama dan setelah mengendarai sepeda, saat mengendarai mobil dan beristirahat.

Hasilnya, seperti dilaporkan visordown.com, mengungkapkan sejumlah manfaat mental dan fisik dari berkendara, termasuk penurunan kadar kortisol, penanda hormon stres.

Mengendarai sepeda motor menghasilkan penurunan biomarker stres sebesar 28%, sementara mengendarai sepeda motor selama 20 menit meningkatkan denyut jantung sebesar 11% dan tingkat adrenalin sebesar 27%, yang mirip dengan olahraga ringan.

Demikian pula, perubahan dalam aktivitas otak pengendara menyarankan peningkatan kewaspadaan seperti minum secangkir kopi, sementara fokus sensorik ditingkatkan yang berarti bahwa pengendara lebih waspada.

Harley-Davidson berencana menggunakan temuan penelitian untuk membantu menjual sepeda motor.

“Kami memanfaatkan teknologi terbaru saat kami mengalihkan fokus kami dari sepeda motor eksklusif ke pasar yang tumbuh. Jadi masuk akal untuk memanfaatkan teknologi untuk mengeksplorasi dampak dari berkendara,” kata Heather Malenshek, wakil presiden senior pemasaran Harley USA.

“Kami mendapat masukan dari pengendara bahwa sepeda motor memberi mereka ketenangan pikiran, tetapi tidak ada yang benar-benar mengukurnya sebelumnya,” salah satu peneliti, ilmuwan saraf Don Vaughn.

Peneliti juga menemukan jika pengurangan stres ini juga bisa didapatkan dengan cara lain, seperti pergi joging pagi atau bermain golf.

“Penelitian ini memang tidak akan sepenuhnya mengubah persepsi Anda, tetapi hasil ini penting,” tutup Vaughn, yang bukan pengendara sepeda motor.

RAJU FEBRIAN

Last Updates

Resmi Diluncurkan, Vespa Jatinegara Gelar Jasa Servis dan Suku Cadang Menarik

Jakarta, 19 Juni 2019 - Jatinegara, telah menjadi salah satu sentra ekonomi di wilayah Jakarta Timur, dan menyimpan potensi bisnis yang menjanjikan begitu banyak...

Terinspirasi Pahlawan Larantuka, Shell Advance Ajak Pemotor Libas Tantangan

JAKARTA, 19 Juni 2019 – Sepeda motor tak hanya sebagai alat transportasi. Indonesia sebagai negara pengguna sepeda motor terbesar di...

Honda Gunakan Stripe Baru di New BeAT Street eSP

JAKARTA, 18 Juni 2019 -- PT Astra Honda Motor (AHM) lagi-lagi menggunakan taktik grafis desain stripe baru untuk menyegarkan tampilan...

Dahsyat! Prototipe Streetfighter V4 Akan Diuji di Pikes Peak

Bologna, 17 Juni 2019 - Secara tradisional, sepeda motor bergaya streetfighter berbasis motor sport. Setelah motor itu jatuh dan fairing-nya hancur, sang pemilik kemudian...

Hattrick! Federal Karyatama Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

JAKARTA, 17 Juni 2019 -- PT Federal Karyatama (FKT), produsen Federal Lubricant, untuk ketiga kalinya meraih penghargaan HR Asia Best...