Beranda UPDATES Skutik Listrik GESITS Bukti Kemampuan Anak Bangsa

Skutik Listrik GESITS Bukti Kemampuan Anak Bangsa

JAKARTA, 7 November 2016 – Dalam rangka persiapan menuju produksi masal, skuter listrik garapan PT Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) hari ini resmi mengaspal dalam acara bertajuk peluncuran uji jalan GESITS sejauh lebih dari 1.200 km.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir, CEO PT Garansindo, Muhammad Al Abdullah dan Rektor ITS, Joni Hermana ini menyaksikan kelima skuter garapan anak bangsa tersebut melakukan perjalanan ke Bali yang rencananya akan tiba di Institut Sepuluh Nopember, Surabaya pada tanggal 11 November mendatang.

“Dukungan yang sangat luar biasa diberikan oleh pemerintah kepada kami untuk membuktikan komitmen pemerintah dalam mengapresiasi hasil karya anak bangsa dan berkomitmen dalam mengurangi pencemaran polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan motor bermesin konvensional selama ini,” ujar Al Abdullah.

“GESITS akan membuktikan kemampuan sumber daya bangsa indonesia yang akan mengangkat harkat dan martabat negara dan bangsa Indonesia di mata dunia Internasional,” tambah pria yang akrab disapa Memet ini.

Nantinya GESITS akan menjadi sebuah milestone beberapa pondasi penting seperti hasil riset universitas pertama yang berhasil menuju hirilisasi (di produksi secara masal), GESITS merupakan karya anak bangsa yang akan menjadi “kendaraan buatan asli bangsa Indonesia yang pertama”.

Untuk pengisian daya baterai skuter buatan indonesia, “GESITS akan memiliki fitur metode pengisian daya baterai dengan system swap (tukar tambah) baterai di tempat pengisian bahan bakar umum seperti SPBU atau minimarket yang tersebar di berbagai daerah untuk memudahkan para penggunanya jika lalai mengisi ulang saat berkendara,” ujar Mohammad Nasir, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

GESITS adalah sebuah skuter bertenaga listrik dengan daya motor 5Kw yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km dalam satu kali pengisian baterai. Skuter yang saat ini memiliki warna hitam dan merah ini mampu mencapai kecepatan maksimal sampai 100km/jam atau setara dengan motor skuter lainnya dengan mesin konvensional berkapasitas 125cc.

Untuk pengisian daya baterai, GESITS membutuhkan waktu sekitar 1.5-3 jam sekali pengisian. Karena bertenaga listrik, GESITS juga tidak memiliki emisi gas buang karbondioksida dan diklaim mampu enjadi solusi pengurangan pencemaran polusi udara.

ANDHIKA KRESNA

Berita Terkait:
Skutik Listrik GESITS Jajal Kemampuan Keliling Jawa-Bali

Last Updates

15.000 Bikers Meriahkan Jambore Nasional ke-IV YRFI

JAKARTA, 6 Desember 2019 -- Tak kurang dari 15.000 bikers dari seluruh penjuru Tanah Air hadir meramaikan Jambore Nasional (Jamnas)...

Kutu Community Ingatkan Pengemudi Ojol Bahaya Ponsel Saat Berkendara

JAKARTA, 5 Desember 2019 -- Kutu Community menutup tahun 2019 dengan mengadakan kampanye bahaya ponsel saat berkendara kepada pengemudi Ojek...

Perbandingan XSR 155 Melawan Kawasaki W175, Mana yang Terbaik?

JAKARTA, 3 Desember 2019 - Motor retro modern kembali diminati sejak kehadiran W175 dua tahun silam. Bahkan, motor Andalan Kawasaki itu sudah beranak pinak...

GSrek Bikeweek 2019 Bakal Dimeriahkan Bikers Mancanegara

JAKARTA, 2 Desember 2019 – ”United Riders of Adventure”, jargon ini menjadi tema yang diangkat dalam GSrek Bikeweek 2019. Ajang...

Crosser Astra Honda Juara Nasional Motocross MX2 2019

JAKARTA, 2 Desember 2019 -- Crosser muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) Delvintor Alfarizi berhasil menyelesaikan jalannya balapan motocross...