Beranda UPDATES Siswa dan Guru Luar Jakarta Dominasi Kompetisi AHSC ke-10

Siswa dan Guru Luar Jakarta Dominasi Kompetisi AHSC ke-10

JAKARTA, 18 Oktober 2019 – Siswa dan Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari luar Jakarta mendominasi kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019. Kompetisi yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) ini untuk menguji keterampilan siswa serta para guru SMK mitra binaan guna melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap berkontribusi memajukan pendidikan vokasi sekaligus siap berkompetisi di dunia industri.

Kompetisi di bidang vokasi industri ini mengusung tema “Satu Hati Wujudkan SDM Unggul“. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kompetisi yang telah diselenggrakan selama satu dekade, AHM juga menyelenggarakan kompetisi khusus guru SMK. Kompetisi tahun ini diikuti oleh 23.371 siswa dan 422 guru dari total 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Tanah Air.

Babak final diikuti sebanyak 40 siswa terbaik dan 27 guru terbaik yang merupakan perwakilan dari 27 main dealer sepeda motor Honda berkompetisi di tingkat nasional yang diadakan oleh AHM pada 14-17 Oktober 2019 di Jakarta.

Tahap penilaian pada kontes ini terdiri dari tahap pengujian secara tertulis dan praktek. Pada ujian tertulis, peserta diuji pengetahuan para siswa dan guru terkait teknologi teranyar sepeda motor Honda. Selain itu, para peserta juga diuji secara praktek untuk keterampilan dalam menganalisa teknik permasalahan terkait mesin, rangka, kelistrikan, serta trouble shooting sepeda motor Honda. Khusus untuk kompetisi yang diikuti oleh guru, ada materi uji kompetensi pedagogik yang menjadi salah satu materi penilaian saat kompetisi.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 merupakan bagian dari upaya AHM dalam berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan vokasi industri SMK binaan Astra Honda di Indonesia.

“Kami sudah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda di SMK mitra binaan dan kompetisi ini kami harapkan bisa menjadi sarana mengalibrasi penguasaan para guru dan siswa SMK terhadap materi yang kami sampaikan. Harapan kami dengan program ini akan lahir SDM unggul yang berdaya saing, baik untuk bekerja di industri atau menjadi wirausaha mandiri,” ujar Ahmad Muhibbuddin.

Beasiswa 3 Tahun

Tiga jawara terbaik dari kategori siswa yang keluar sebagai pemenang kontes 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 berhak mendapat apresiasi dari AHM yaitu beasiswa pendidikan. Siswa terbaik pertama, akan mendapatkan Beasiswa Prestasi Astra untuk kuliah di Politeknik Manufaktur Astra dengan fasilitas bebas uang kuliah dan tambahan subsidi biaya hidup selama 3 tahun serta beasiswa pendidikan senilai Rp. 8.000.000. Siswa terbaik kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan beasiswa pendidikan senilai Rp. 5.000.000 dan Rp. 3.000.000.

Para finalis kontes 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 juga mendapat apresiasi beasiswa pendidikan senilai Rp 1 juta. Sementara itu, untuk kategori guru, peserta terbaik pertama AHM menyiapkan apresiasi hadiah uang tunai senilai Rp. 8.000.000. Guru terbaik kedua dan ketiga akan mendapatkan apresiasi masing-masing senilai Rp. 5.000.000, dan Rp. 3.000.000.

Untuk SMK yang berhasil mengantarkan siswanya meraih prestasi terbaik pada kompetisi ini, AHM juga menyiapkan hadiah khusus untuk melengkapi materi ajar di sekolah para pemenang, yaitu Honda PCX CBS untuk juara 1, Honda CB150R untuk juara 2, serta Honda Vario150 untuk juara 3.

Daftar Pemenang Kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019

Kategori Siswa :

Juara 1
Rio Bagus Jiwandono
SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang – PT Mitra Pinastika Mulia

Juara 2
Lukman Wijanarno
SMKN 1 Bendo Magetan – PT Mitra Pinastika Mulia

Juara 3
Eko Bisono Saputro
SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar – Astra Motor Semarang

Kategori Guru :

Juara 1
Bp Syukur, SMKS Satria Kendari – Astra Motor Makassar

Juara 2
Bp Mulyadi, SMKN 2 Pontianak – Astra Motor Pontianak

Juara 3
Bp Apriyanto
SMKN 1 Bulukamba Brebes – Astra Motor Semarang

RAJU FEBRIAN

Last Updates

Blibli.com CAPIT, Menebus Jutaan Produk Dengan “Harga Syok” dan Tambahan Cashback

Jakarta, 8 November 2019 – Blibli.com, sebagai mal online terdepan di Indonesia, menerapkan gamification, atau penggunaan elemen-elemen permainan, sebagai salah satu strategi utama untuk...

Muncul di EICMA 2019, Performa H-D Pan America 1250 Kalahkan BMW R1250GS?

MILAN, 7 November 2019 - EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori), atau yang dikenal pula sebagai Milan Motorcycle Shows, adalah pameran motor paling...

Aprilia RS 250 SP: Motor Balap Millennials Seharga Rp 155 jutaan Lahir di EICMA...

MILAN, 7 November 2019 - Aprilia benar-benar mengejutkan kami di EICMA 2019. Setelah merilis RS 660 terbaru, kini mereka meluncurkan RS 250 SP di...

Diluncurkan di EICMA 2019, Inilah Spesifikasi Lengkap KTM 390 Adventure

MILAN, 6 November 2019 - Setelah bertahun-tahun menunggu momen yang tepat, KTM akhirnya merasa EICMA 2019 adalah tempat terbaik untuk merilis KTM 390 Adventure....

Rilis di EICMA 2019, BMW S 1000 XR 2020 Semakin Dinamis

MILAN, 6 November 2019 – Line-up motor adventure dari BMW Motorrad kembali diperkuat tahun ini, dengan meluncurnya versi update dari BMW S 1000 XR...