Beranda UPDATES Siapkan Debut di IIMS 2020, Italjet Bawa Dragster

Siapkan Debut di IIMS 2020, Italjet Bawa Dragster

JAKARTA, Motovaganza – Produsen motor asal Italia, Italjet, rencananya akan melakukan debutnya di Tanah Air pada ajang Indonesia International Show (IIMS) 2020 mendatang. Kehadirannya akan ditandai dengan satu model yaitu Dragster, skuter dengan rupa brutal dan berperforma tinggi.

Ini jadi kabar menarik bagi pecinta skutik. Pasalnya, bentuknya yang unik dan kemampuan tak biasa belum ada di Indonesia. Bukan sekadar prediksi, kabar itu terucap langsung dari jajaran manajemen Italjet Global dalam paparan rilisnya.

“Permintaan dari Asia tumbuh pesat. Jepang, salah satunya, menjadi potensi pasar terbesar bagi kami. Penjualannya meledak di sana. Dan memang, 90 persen produksi dicanangkan untuk ekspor. Di antaranya adalah Jepang, Taiwan, Korea, Indonesia, Filipina, serta Jerman dan Inggris untuk wilayah Eropa. Pada waktu dekat, kami pun bakal hadir di pameran-pameran sepeda motor penting seperti Tokyo Motorcycle Show pada Maret. Lanjut ke Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta dan Veve La Moto di Madrid, pada April,” ungkap Sandro Caparelli, Manajer Penjualan dan Pemasaran Italjet Global, dalam paparan rilis.

Disebutkan jika motor ini bakal mendarat di Tanah Air dalam waktu dekat. Langkah Italjet ini cukup mengejutkan. Pasalnya, produknya berbanderol lumayan. Di Eropa saja harganya mencapai Rp 67 jutaan sampai Rp 71 jutaan. Bukan angka murah untuk ukuran skuter kecil. Plus, edisi pertama hanya dibuat 499 unit saja.

Baca juga: Simak Cicilan Honda Rebel, Termurah Mulai Rp 2 Jutaan
Baca juga: Honda Beat Tertinggi Lebih Menggoda dari CBS dan Street, Ini Alasannya

“Dragster begitu diinginkan oleh tiap orang. Edisi Pertama sebanyak 499 unit – lengkap dengan nomor sertifikat khusus saja sudah habis terjual. Dan pesanan itu datang dari lebih dari 20 negara berbeda. Sekarang, penantian akan berakhir. Kami akan produksi lagi pada Mei 2020,” tutur Massimo Tartarini, CEO Italjet.

Sayang, belum ada informasi pasti, siapa yang bakal memayungi penjualan merek Italjet di sini. Yang jelas, jika memang hadir, layanan purna jual seharusnya dirangkai serius. Mengingat motor ini punya spesifikasi khusus dan tak bakal mudah mencari spare part di pasaran.

Spesifikasi Dragster

Italjer Dragster merupakan skuter yang berbeda. Contohnya, motor ini sudah memakai model teralis sebagai konstruksi utama. Biasanya hal ini hanya digunakan pada motor sport fairing. Bagian ini dibuat telanjang. Tidak ada panel-panel plastik menutupi samping, tengah, hingga mesin. Panel hanya tersimak di depan, dengan tekukan begitu tegas, berkat padanan dual headlight sipit intimidatif.

Untuk mesin, ada dua pilihan. Pertama, berkubikasi 125 cc 4-katup DOHC. Meski bervolume kecil, kemampuannya di atas rata-rata motor sekelas. Ia sanggup mengail tenaga 14,9 Hp/10.000 rpm dan torsi 12,5 Nm/7.750 rpm. Ya, berdasar catatan angka, agresivitas muncul di putaran tinggi. Lantas bobot yang harus dihela, cuma 108 kg. Impresif.

Satu lagi lebih mengerikan, varian bermesin besar. Dicolok mesin 200 cc 4-katup DOHC bertenaga 19,8 Hp/8.350 rpm dan torsi 17 Nm/ 6.250 rpm. Tanggungjawabnya hanya mendorong berat total 112 kg – lebih ringan dari Yamaha Aerox sekalipun. Niscaya translasi tenaga ke roda belakang menjadi sensasi menyenangkan.

Italjet Dragster menggunakan suspensi unik. Di depan bukan memakai model fork teleskopik maupun upside down. Melainkan dipasang swing arm, sementara monoshock hydro pneumatic diletakkan setengah tidur tepat di depan dek. Sistem kerjanya mirip dengan BMW C400X, hanya beda peletakan. Lantas di belakang, memakai monoshock yang sama, lengkap dengan pengaturannya.

Soal pengeraman juga tak biasa. Di depan memakai disc brake 175 mm, sementara belakangnya 240 mm – lebih kecil di depan ketimbang belakang. Entah apa pertimbangannya, namun sulit kami ragukan performa deselerasi Dragster. Karena ia turut dibekali kaliper Brembo, baik di roda depan maupun belakang. Sayang, versi 125 cc masih mengadopsi sistem CBS (Combi-Brake System). ABS bisa didapat pada varian 200 cc.

Nah, kita tunggu saja kehadiran mereka di IIMS 2020 yang akan berlangsung 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sumber: Italjet, Foto: motor1.com

Baca juga: Ada Brand dan Program Baru di IIMS 2020, Apa Saja?
Baca juga:
Italjet Dragster Bakal Muncul di IIMS 2020!

HELMI ALRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TVS NTorq 125 cc Punya Fitur Teknologi Konektivitas

NEW DELHI, Motovaganza – Berbagai teknologi baru disematkan pabrikan sebagai modal untuk bersaing. Strategi yang juga dilakukan TVS lewat produk unggulannya, NTorq 125. Model...

Dibanderol Rp 500 Juta, Superbike Listik Damon Hypersport Ludes Terjual

TORONTO, Motovaganza.com – Tren kendaraan listrik tak hanya melanda roda empat alias motor. Di segmen roda dua atau motor hal sama terjadi. Buktinya produksi...

Kawasaki Z900 MY 2020 Resmi Dijual, Harga Naik Cuma Rp 15 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com --  Tak ada helamat, hanya lewat rilis, Kawasaki Indonesia mengumumkan kehadiran Kawasaki Z900 Model Year 2020. Edisi terbaru ini hadir dengan berbagai...

Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah

LONDON, Motovaganza.com – Ada yang unik dari keluarnya Triumph Street Triple R edisi 2020. Model terbaru 765R, menyusul 765RS yang meluncur tahun lalu, mendapat...

Beli Motor di Astra Auto Fest 2020 Ada Potongan Tiap Bulan

JAKARTA, Motoaganza.com – PT Astra International bakal menggelar Astra Auto Fest 2020 akhir pekan depan. Tak hanya yang mencari mobil baru, mereka yang ingin...