Beranda BLOGS Semangat Dunsanakhood Meriahkan Alek Nagari Bikers Minang

Semangat Dunsanakhood Meriahkan Alek Nagari Bikers Minang

PADANG, 12 Juni 2019 – Komunitas bikers dimanapun berada mengusung semangat persaudaraan. Semangat Dunsanakhood — istilah persaudaraan ala bikers Minang atau Sumatera Barat – inilah yang diusung dalam Alek Nagari Bikers Minang (pesta bikers asal Minang) se-Nusantara yang digelar Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia (FK BUMI)  Sabtu (8/6/2019) di Aula Lapangan Tenis Telkom Indonesia, Jl. KH. Ahmad Dahlan Kot Padang, Sumatera Barat.

Didukung paguyuban Biker Kota Padang (BKP), Halal Bi Halal VI FK BUMI ini diselenggarakan setiap tahun dalam rangka merayakan hari Raya Idul Fitri. Tahun ini merupakan penyelenggaraan keenam. Sebelumnya, HBH FK BUMI diadakan di Pasaman, Alahan Panjang, Payakumbuh, Sawahlunto, dan Pariaman.

Ajang silaturahmi ini sengaja memanfaatkan momen setelah lebaran, karena seperti diketahui lebaran menjadi momen pulang kampung atau mudiknya para perantau asal Minang dari seluruh Indonesia, termasuk bikers asal Minang yang tergabung di berbagai klub atau komunitas maupun independent dan single fighter.

“Selamat datang di Kota Padang, semoga acara HBH VI FK BUMI di Kota Padang ini bisa menjadikan sebuah sinergi bagi bikers minang yang berada di luar Sumatera Barat termasuk yang berada didalam wilayah Sumatera barat sendiri,” ujar Bro Ken Khen, Humas Paguyuban BKP.

HBH VI FK BUMI yang mengusung tema ‘Malangkah Labiah Maju’ ini berlangsung semarak. Tentunya acara ini menjadi ajang temu kangen serta memperkuat tali persaudaraan antar biker asal Minang untuk lebih baik lagi, termasuk dengan para bikers lainnya yang bukan asal Minang.

“Sesungguhnya silaturahmi merupakan amal shalih yang penuh berkah. Acara ini diadakan untuk menjaga tali silaturahmi, agar menjadi fitrah kembali dan menambah keharmonisan hubungan kemasyarakatan,” ujar Bro Arsyad, Ketua Pelaksana HBH VI FK BUMI.

Rangkaian acara ini dibuka dengan penampilan Tari Pasambahan (tari persembahan) kemudian dilanjutkan dengan beberapa tarian yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Uniknya juga ada makan Bajamba, makan bersama seperti ngeliwet dengan menu hidangan khas Minang tentunya, menambah hangatnya ‘badunsanak’ (persaudaraan) antar bikers dalam acara ini.

Selain diisi dengan ramah tamah saling bertukar cerita seputar masing-masing kegiatannya dalam mengisi momen bulan puasa dan berlebaran, acara ini juga diisi dengan rolling city sambil mengkapanyekan safety riding kepada masyarakat umum dan memperkenalkan wajah Kota Padang kepada seluruh peserta HBH VI FK BUMI.

“Kegiatan yang sudah keenam kalinya ini hendaknya bisa meningkatkan tali silaturahim sesama bikers minang dengan dibentuknya koordinator di setiap daerah, agar lebih mudah dalam pengembangan FK BUMI Nusantara kedepannya. Karena, setelah 6 tahun berjalannya FK BUMI semakin banyak diminati oleh bikers minang yang ada di Nusantara,” ujar Bro Teddy, salah satu Founder FK BUMI.

Bro Teddy juga berharap, walaupun bikers Minang banyak yang ada di rantau, agar tidak dengan melupakan jati dirinya sebagai orang Minang. “Rencanya, ajang HBH VII FK BUMI tahun depan akan dilangsungkan di Batusangkar,” tutup Bro Teddy.

RAJU FEBRIAN