Beranda MOTORSPORTS Rins Finish Lebih Cepat Dari Kedipan Mata Marquez di MotoGP Inggris

Rins Finish Lebih Cepat Dari Kedipan Mata Marquez di MotoGP Inggris

Silverstone, 25 Agustus 2019 – Alex Rins menyalip Marc Marquez di tikungan terakhir di MotoGP Inggris untuk menciptakan salah satu finish dengan jarak paling dekat sepanjang sejarah. Pembalap tim Suzuki Ecstar asal Spanyol itu, menembus garis finis terpaut +0.013 detik saja dari pembalap tim Honda, Marc Marquez. Catatan waktu itu sangat istimewa karena lebih cepat dari kedipan mata manusia yang rata-rata secepat 0,4 detik.

Merengsek sejak awal start, Alex Rins terus menempel Marc Marquez yang baru saja merayakan raihan pole position ke-60 di Inggris. Memulai balapan dari posisi 5, Rins melesat mengejar Rossi dan Marquez selepas R1. Putaran demi putaran terlihat sekali upaya Alex Rins yang tanpa menyerah membuntuti Rossi dan Marquez. Akhirnya Rins berhasil menyalip Rossi pada putaran ketiga.

Selepas menyalip Rossi, Alex Rins terus memberikan tekanan kepada Marquez. Tahu tidak bakal mungkin menandingi kecepatan Honda di trek lurus, Rins beberapa kali berupaya menyalip Marquez di tikungan. Menggunakan pilihan ban medium untuk depan dan belakang, keduanya tampil sangat agresif dengan selisih waktu begitu tipis.

12 lap sebelum finish, Rins berhasil menyalip Marquez, namun posisi ini tak berlangsung lama karena juara bertahan MotoGP itu kembali berhasil menyalip Rins. Tetapi langkah ini menunjukkan bahwa Rins mampu menyamai kecepatan Marquez, bahkan di beberapa sektor lebih cepat dari juara bertahan itu.

Tetapi bukan Marc Marquez jika dengan mudah mampu dikalahkan. Dia dengan kepiawaiannya menghemat grip ban, berhasil menorehkan best race lap pada putaran ke-10 dengan waktu 1m59,936 detik. Nah, belum lagi mampu mengentaskan perlawanan pembalap tim Repsol Honda, Alex Rins justru diancam oleh Maverick Vinales. Catatan waktu pembalap Yamaha itu kian cepat di sektor 1 dan 2 sirkuit Silverstone.

Namun, ancaman itu kian pudar ketika tim Suzuki Ecstar memerintahkan Rins menggunakan mapping 3. Pilihan ini membuat Rins, mampu mendekati Marquez sekaligus menjauh dari Vinales. Tetapi ancaman Vinales kembali hadir 4 lap menjelang usai.

Satu putaran berselang, Rins membuktikan bahwa dia bukan pembalap kacangan, dengan kembali mampu menyalip Marc di tikungan. Sayang, exit speed Honda membuat upaya Rins sia-sia, dan Marquez kembali memimpin.

Lagi-lagi drama terjadi di akhir balapan. Paham tak bisa bersaing di trek lurus, Rins melakukan pendekatan berbeda dengan melambung di sisi luar tikungan terakhir. Akibat tyre wear dan ban belakang yang selip, Marquez kehilangan momentum dan membuat Rins finish 0,013 detik di depannya.

Walau hanya finish kedua, Marc Marquez masih memimpin klasemen balapan dengan 78 poin dari Dovizioso yang mengalami kecelakaan di Silverstone. Maverick Vinales finish di tempat ketiga, disusul oleh Valentino Rossi, Franco Morbidelli, Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci.bJack Miller finish kedelapan disusul Pol Espargaro yang finish kesembilan.

Andrea Iannone finish ke-10 disusul Francesco Bagnaia (Pramac Ducati), Sylvain Guintoli (Suzuki) dan Hafizh Syahrin (Tech3). Jorge Lorenzo yang baru pulih dari cidera, finish ke-14 di susul Karel Abraham.