Beranda MOTORSPORTS Riding Gear MotoGP 2016 Mendatang Tampil Beda

Riding Gear MotoGP 2016 Mendatang Tampil Beda

(Foto: motorcycles.com)

JAKARTA, 19 Desember 2015 – Ajang MotoGP 2016 pembaruan dilakukan di banyak hal. Di sektor motor perubahan dilakukan pada penggunaan ban dengan beberapa perangkat elektronik (ECU) terbaru.

Nah, demi keselamatan para rider MotoGP, Dorna selaku promotor MotoGP, FIM (Federasi Balap Motor dunia), IRTA (Asosiasi Pembalap dan Tim Moto3 sampai MotoGP, dan MSMA (Asosiasi Pabrikan Motor peserta Moto3 sampai MotoGP) memutuskan untuk mengeluarkan aturan baru safety gear pembalap MotoGP.

Aturan baru safety gear pembalap MotoGP antara lain meliputi sepatu, helm, sarung tangan, dan racing suit alias jaket balap para rider. Menurut situs motogp.com aturan ini nantinya akan diberlakukan dan wajib di ajang MotoGP 2016 mendatang. Pihaknya akan mengadakan tim khusus untuk menguji dan mengontrol prosedur pengujian untuk safety gear pembalap MotoGP yang diproduksi dari merek manapun.

Walau safety gear pembalap MotoGP mengacu standar safety yang sudah diterapkan lembaga keselamatan, seperti helm mengacu standar DOT atau Snell namun pihak penyelenggara tetap berupaya maksimal dalam mengatasi keselamatan para rider khususnya saat terjadi kecelakaan.

Pihak Dorna belum menjelaskan mengenai rincian seperti apa aturan baru safety gear pembalap MotoGP 2016 mendatang, namun yang pasti MotoGP 2016 nanti diharapkan akan lebih baik lagi dengan beragam aturan baru.

Kita tunggu saja!

ANDHIKA KRESNA