Beranda NEW BIKES REVIEW: Yamaha Aerox 155, Ini 12 Fitur Unggulannya

REVIEW: Yamaha Aerox 155, Ini 12 Fitur Unggulannya

JAKARTA, Motovaganza.com – Yamaha menjadi merek yang paling getol menyajikan skutik bermesin 150cc. Keluarga MAXI Yamaha dihuni Lexi, NMax, Aerox, Xmax dan Tmax. Dari nama-nama ini, Aerox 155 termasuk sukses sebagai produk andalan yang dirancang guna memenuhi kebutuhan pelanggannya. Desain modern dan kepraktisan menjadi poin utama.

Yamaha Aerox 155 punya tampang sporty dan mesin bertenaga, membuatnya disukai konsumen. Ditambah lagi, Yamaha punya strategi ciamik menyiasati keinginan konsumen yaitu dengan menawarkan banyak varian. Saat ini ia dijual dengan lima tipe berbeda; Aerox standar, R-Version, S-Version, Aerox R-Version Monster Energy Yamaha MotoGP Edition dan Aerox S Doxou Version.

Masing-masing varian tentunya menyuguhkan fitur unggulan, meski sesuai dengan tingkatannya. Untuk versi standar seharga Rp 24,795 juta, sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan aktivitas berkendara. Sementara R-version dilego Rp 26,135 juta dan Rp 26,645 juta untuk livery Monster Energy. Sedang buat varian tertinggi atau dengan fitur lebih lengkap dibanderol Rp 28,565 juta, serta Doxou edition Rp 28,550 juta OTR Jakarta.

Nah, apa saja fitur-fitur unggulan yang ditawarkan? Ini dia pembahasannya:

1. LED Headlamp & Stoplamp

Yamaha membekali semua varian Aerox 155 dengan pencahayaan yang sudah menggunakan teknologi LED. Disematkan pada headlamp dan stoplamp di belakang. Sorotan lampu jenis ini dikenal lebih terang dibanding halogen biasa. Selain itu diklaim lebih awet dan tahan lama. Desain rumah lampu depannya dinamis, mampu mendongkrak aura sporty. Begitu pula di bagian buntut, menguatkan karakter balap.

2. Speedometer Digital

Aerox 155 dibekali dengan LCD display 5,8 inci yang dapat memberikan informasi lebih jelas dengan Multi Information Display (MID). Tampilannya cukup informatif demi memudahkan pengendara memahami kondisi motor.

Untuk tipe standar dan S-Version atau yang paling tinggi, berwarna latar biru. Sedang R-Version atau varian yang berada di tengah diberi kelir merah. Warna terangnya memang sengaja dipasang, untuk mendukung kesan sporti. Karena ia hanya punya satu model, yaitu Racing White (kombinasi merah dan putih).

Kelengkapannya sama saja. Untuk lampu indikator ada Smart Keys System, Stop & Start System, Coolant temperature warning light, Engine trouble warning light, Anti-lock brake system (ABS) warning light, VVA dan High beam indicator light. Sinyal ini disesuaikan dengan masing-masing tipe.

Sementara digital panel ada takometer, spidometer, fuelmeter, odometer, tripmeter, V-Belt trip, jam, Average F-Eco, Instant F-Eco, Self-Diagnosis, dan Voltase Aki (Battery).

Baca juga: Utamakan Karyawan dan Konsumen, Yamaha Hentikan Aktivitas Pabrik

3. Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generation (SMG)

Fitur ini bertujuan untuk menghemat bahan bakar. Sistem kerjanya, mesin mati secara otomatis ketika posisi berhenti lebih dari tiga detik. Mesin kembali menyala apabila handle gas diputar. Jadi bahan bakar tidak terbuang percuma. Untuk mengaktifkannya, pastikan tombol SSS di kanan setang dalam kondisi On. Hanya ada pada varian Aerox S-version.

Teknologi ini bersinergi dengan Smart Motor Generation (SMG), suara mesin jadi lebih halus saat pertama kali dinyalakan. Setelah mesin menyala, generator berfungsi untuk melakukan pengisian baterai atau aki.

4. Teknologi Blue Core dan VVA

Yamaha punya nilai plus untuk urusan mesin berkat inovasi yang disebut Blue Core. Teknologi andalannya itu menghasilkan pembakaran optimal, pendinginan maksimal dan minim gesekan. Dengan kata lain, motor bertenaga tapi irit bahan bakar. Mesin canggihnya itu dilengkapi pula dengan VVA (Variable Valve Actuation). Membuat torsinya merata di setiap putaran mesin.

5. Smart Key System & Answer Back System

Inovasi berbasis remote dan meninggalkan kunci konvensional. Membuat praktis dan juga aman, karena disematkan fitur Immobilizer. Di dalamnya tersemat Answer Back System, yang memudahkan mencari posisi motor di lokasi parkir. Tinggal pencet tombol di remote, maka motor bakal merespons. Fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi.

Baca juga: Beli Yamaha All New NMax Termurah, Apa Untungnya?

6. Electric Power Socket

Fitur ini terdapat di kompartemen penyimpanan bagian depan, lengkap dengan penutup. Lebih aman ketika pengendara mengisi daya baterai handphone, dan secara estetika jadi lebih rapi. Sayangnya port dan kabel charger tidak termasuk dalam paket penjualan.

7. Bagasi

Ditunjang dengan kapasitas ekstralapang mencapai 25 liter. Berkat luasnya ruang penyimpanan, helm full face pun muda ditelan utuh. Serta beberapa barang lain berdimensi kecil yang diperlukan pengendara.

8. ABS

Kontrol pengereman pada roda depan lebih maksimal dengan Anti-Lock Braking System (ABS). Membuat berkendara lebih aman dan nyaman. Sayangnya fitur ini hanya tersedia di tipe R saja, termasuk Doxou version.

Baca juga: Kenali Fitur Unggulan Yamaha Aerox 155

9. Ban Tubeless Lebar

Pakai ban tipe tubeless berprofil lebar. Depan pakai 110/80-14, dan belakang 140/70-14. Selain tampilan gagah, juga memberikan pengalaman berkendara lebih mantap dan stabil.

10. Smart Lock & Stand Side Switch

Yamaha kasih fitur ini karena peduli dengan keselamatan. Smart Lock (pengunci rem saat parkir) merupakan tuas tambahan di sebelah kiri setang. Cara kerjanya, mengunci roda belakang agar motor tidak bergerak. Sangat bermanfaat ketika motor berada di tanjakan atau turunan dalam keadaan macet. Layaknya rem tangan yang terdapat pada mobil.

Stand Side Switch ditujukan untuk mengurangi risiko pengendara lupa menaikkan standar samping. Mesin motor bisa mati secara otomatis apabila penyangga motor diturunkan. Dan tidak dapat nyala apabila belum dinaikkan. Itulah deretan fitur unggulan yang ada di Aerox 155. Yang mana pilihan Anda?

Spesifikasi lengkap Yamaha Aerox 155:
MESIN
Tipe mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Susunan silinder Single cylinder
Diameter X Langkah 58 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi 10,5 ± 0,4 : 1
Volume silinder 155.1 cc
Daya maksimum 11.0 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum 13.8 Nm / 6250 rpm
Sistem starter Electric starter
Sistem pelumasan Wet sump
Kapasitas oli mesin Total = 1,00 L ; Berkala = 0,90 L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Tipe kopling Dry, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi V-belt automatic
DIMENSI
Berat isi 118 kg
Kapasitas tangki bensin 4,6 L
P X L X T 1990mm X 700mm X 1125mm
Jarak sumbu roda 1350mm
Jarak terendah ke tanah 142mm
Tinggi tempat duduk 790mm
RANGKA
Tipe rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Unit Swing
Tipe ban Tubeless
Ban depan 110/80-14M/C 53P
Ban belakang 140/70-14M/C 62P
Rem Depan Disc brake
Rem belakang Drum brake
KELISTRIKAN
Sistem pengapian TCI
Tipe battery YTZ7V
Tipe busi NGK/CPR8EA9

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto