Beranda NEW BIKES REVIEW: Viar Cross X 250 ES, Nggak Kalah Keren

REVIEW: Viar Cross X 250 ES, Nggak Kalah Keren

JAKARTA, Motovaganza.com – Segmen motor adeventure didominasi brand Jepang dan Eropa. Padahal ada satu nama lokal asli Indonesia juga ikut meramaikan. Salah satunya Viar yang memiliki beragam motor jenis trail, mulai dari 70 cc hingga 250 cc. Sejak 2015, Viar telah melengkapi pasar motor trail di Indonesia. Salah satu model yang mereka tawarkan, tipe Cross X 250 ES. Kehadirannya menjadi pilihan alternatif bagi Crosser tanah air yang ingin merasakan sensasi motor dual purpose kelas 250 cc dengan harga terjangkau.

Secara tampilan, Viar X Cross 250 ES tidak kalah dengan varian motor cross lainnya. Motor yang dijual Rp 30 jutaan ini bisa disandingkan dengan Kawasaki KLX, Honda CRF, atau KTM.

Layaknya motor trail pada umumnya, bodi yang membalutnya begitu ringkas. Terbuat dari bahan plastik ABS yang tidak mudah pecah. Bentuk lampu utamanya terlihat simpel dengan mengandalkan lampu bohlam. Joknya kecil, namun tetap memberikan kenyamanan saat melibas jalur offroad.

Ia terbilang cukup jangkung. Punya ukuran panjang 2.120 mm, lebar 810 mm, dan tinggi mencapai 1.250 mm. Sementara panjang wheel base, tercatat 1. 440 mm dan jarak terendah ke tanah 320 mm. Penggunanya tidak perlu takut mentok dengan mesin bawah ketika melintasi medan terjal.

Cross X 250 ES menggunakan frame tipe twin spar, menyodorkan ergonomi kemudi yang ringan, mudah dan nyaman. Bobot tubuh totalnya 126 kg. Bagian kakinya disokong ban jenis trail berukuran 90/100 dengan pelek berukuran 21 inci di depan dan 110/80 dengan roda 18 inci di belakang. Kedua komponen bindar itu terbuat dari material alumunium, terasa ringan dan kokoh.

Baca juga: Minat Beli Motor Trail? Coba Cek Klasifikasinya Ini

Mesin

Performa dapur pacu Cross X 250 ini dibekali mesin 249,6 cc, silinder tunggal, SOHC, 4 klep. Ia mampu menghasilkan daya mencapai 24,4 hp pada putaran 9.000 rpm dan torsi 23 Nm di kitiran 7.000 rpm. Tenaganya itu didistribusikan melalui transmisi manual 6 percepatan.

Untuk sistem penyuplai bahan bakar masih menggunakan karbutator dipadukan dengan otak pemrosesan CDI. Memudahkan pengguna dalam hal perawatan dan modifikasi agar menghasilkan tenaga yang lebih besar. Untuk mereduksi panas mesin, ia telah disematkan radiator yang dilengkapi fan.

Untuk sistem pengereman telah dilengkapi cakram berdimater 240 mm yang dijepit dua kaliper piston. Begitu juga dengan belakang juga telah menggunakan cakram berukuran 240 mm dengan single piston.

Baca juga: Viar Cross X 200 ES, Asik Diajak Main-Main

Fitur

Fitur yang dibenamkan cukup canggih dan modern. Sudah ada suspensi upside down (USD) pada bagian depan. Diameternya cukup besar dan mampu memberikan daya redam yang baik. Buat kaki belakangnya disokong monosok dengan unitrack system. Ketangguhan dan kenyamanannya dapat dirasakan oleh crosser yang gemar bermain di medan offroad.

Kapasitas tangki bahan bakarnya mampu menampung BBM hingga 6,7 liter. Pengguna tidak perlu khawatir saat dibawa jalan jauh. Cross X 250 juga telah dibekali dengan liquid cooled atau pendingin cairan. Bisa menjaga suhu mesin tetap stabil serta mencegah terjadinya overheat atau panas yang berlebihan.

Pembeli informasi disajikan lewat panel instrumen full digital dengan ukuran minimalis. Bentuknya kecil dan isinya cukup informatif, ada spidometer, odometer dan fuel meter. Indikator seperti lampu sein dan lampu jauh juga ada, kecuali penunjuk bensin yang minus. Jadi harus sering buka penutup untuk mengetahui kondisi bahan bakar.

Spesifikasi Lengkap

Rangka
Dimensi: 2120 x 810 x 1250 mm
Suspensi Depan: Upside Down
Suspensi Belakang: Monoshock Unitrack System
Rem Depan: Disc Brake
Rem Belakang: Disc Brake
Ban Depan:80/100-21
Ban Belakang: 100/100-18

Mesin
Tipe: 4 Langkah SOHC
Diameter x Langlah: 77 x 53.6 mm
Kopling: Manual Multiplate Wet Clutch
Kapasitas: 249.6 cc
Daya Maksimal: 19KW / 9000 rpm
Torsi maksimal: 23 Nm / 7000 rpm

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto