Beranda EDITOR'S PICKS REVIEW: Triumph Scrambler 1200 XE, Most Badass Scrambler

REVIEW: Triumph Scrambler 1200 XE, Most Badass Scrambler

JAKARTA, 26 Februari 2019 — SCRAMBLER menurut Oxford Dictionaries berarti A motorcycle for racing over rough and hilly ground’. Sepeda motor yang digunakan untuk balapan di jalur kasar dan perbukitan. Dari namanya jelas jika Scrambler adalah motor yang mengkombinasikan kemampuan adventure dengan scrambler style.

Triumph Motorcycles — lewat PT Garda Andalan Selaras (GAS) sebagai authorized dealer Triumph di Indonesia — punya andalan baru dengan menghadirkan Triumph Scrambler 1200 XE di Indonesia. Acara peluncuran dilangsungkan di dealer PT GAS Jl. Kemang Raya No.19, Jakarta Selatan, Minggu (24/2/2019) kemarin.

Tampangnya ganteng banget, bandel, dan siap diajak ke jalan model apa saja. Tapi yang bikin saya ngiler adalah bagian mesinnya. Scrambler 1200 XE mengusung mesin 1.200 cc High-Power paralel-twin yang khusus disetel untuk off-road. Mesin ini milik Triumph Thruxton yang sudah dituning ulang, serta dibarengi dengan firing order pembakaran serta crankshaft  270 derajat yang juga digunakan oleh T120 Bonneville anyar.

Hasilnya, mesin ini menggelontorkan tenaga 90 hp pada 7.400 rpm dan torsi 110 Nm pada 3.950 rpm menjadikan motor ini sangat asik diajak kemana saja.

Cobalt Blue / Jet Black

Triumph mengatakan mesin telah disetel untuk rentang rendah dan menengah yang kuat dan sementara gigi-gigi internal pada gearbox enam kecepatan tetap sama, rasio final drive-nya telah dimodifikasi. Slip dan assist clutch lebih mudah dikontrol untuk kondisi lalu lintas padat di perkotaan.

Yudi Yulianto, Direktur PT GAS mengatakan tenaga yang dihasilkan mesin Triumph Scrambler 1200 ini 12,5% lebih besar daripada motor retro Bonneville T120 dan torsinya bahkan 38% lebih banyak dibandingkan 900 cc 2019 Street Scrambler. Mudah-mudahan saya bisa mendapat kesempatan menjajalnya dan merasakan beda performanya dengan Triump Bobber yang juga bermesin 1200 cc.

Untuk mengantisipasi tenaga besarnya, Triumph memasang kaliper Brembo Monobloc M50 pada cakram dengan disc 320 mm kembar di bagian depan. Sementara single Brembro piston ganda yang menjepit cakram 255 mm menjadi andalan di bagian belakang. Monobloc M50 adalah rem utama Brembo dan digunakan pada Triumph Street Triple 765 RS.

Triumph Scrambler XE juga meningkatkan standar perlengkapan. Riding mode untuk tipe XE berjumlah 6 yaitu Road, Rain, Off-road, Sport, termasuk Pro Off-road yang mematikan ABS dan kontrol traksi. Kemudian ada Optimized Cornering ABS dan Cornering Traction Control. Pencahayaan lampu utama sudah menggunakan LED, termasuk DRL LED dan sakelar instrumen back-lit LED.

Paket elektronik pada Scrambler 1200 cukup lengkap. Sebagai permulaan, ada layar TFT generasi kedua yang dilengkapi beberapa fitur unik. Pertama sistem kontrol GoPro yang terintegrasi dengan sepeda motor. Triumph mengklaim terobosan ini menjadi yang pertama kali di dunia. Dikembangkan bersama dengan GoPro, fitur keren ini yang memungkinkan Anda mengontrol beberapa fungsi kamera aksi GoPro. Selain itu, tersedia pula fitur navigasi hasil kerjasama dengan Google Maps, dan Bluetooth.

Kenyamanan pengendara meliputi keyless ignition, USB port di bawah kursi dan cruise control. Turn-by-turn navigation disediakan oleh Google dan menjadi yang pertama di dunia bagi sepeda motor, yang diaktifkan dengan modul Bluetooth opsional dan menghubungkan ponsel pintar pengendara melalui aplikasi Triumph. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk operasi telepon dan musik terintegrasi dan kontrol kamera GoPro, yang pertama di dunia.

Suspensi untuk Triumph Scrambler 1200 XE ini merupakan kolaborasi dengan spesialis suspensi Swedia Ohlins untuk belakang serta dan Showa berkelir emas untuk garpu depan.

Penasaran, saya mencoba duduk di jok Scrambler 1200 ini. Sangat tinggi bahkan saya dengan tinggi 171 cm saja, kaki harus jinjit. Dalam spesifikasi disebutkan jika jok motor berada di ketinggian 870 mm atau lebih tinggi dari Tiger 800 XC yang pernah saya coba beberapa kali. Posisi tinggi karena Scrambler 1200 XE menggunakan shock twin spring Ohlins, tidak seperti Tiger 800 yang menggunakan model monoshock.

Plus, Scrambler 1200 XE menggunakan roda jari-jari 36 palang berukuran 21-inci di depan dan 32-spoke 17-inci di belakang. Velg ini ukurannya seperti Triumph Tiger. Velg dibalut ban tubeless Metzeler Tourance.

Fusion White / Brooklands Green

Satu lagi, ketika mencoba menggerakkan motor ini maju mundur terasa cukup berat. Bobot Scrambler 1200 disebutkan sekitar 230 kg, lebih berat dari Tiger 800.

PT GAS membawa Scrambler 1200 XE dari Thailand. Ada dua pilihan warna Fusion White / Brooklands Green dan Cobalt Blue / Jet Black. Sedangkan harga dibanderol Rp 545 juta (off the road Jakarta).

Mahal? Nggak juga sih. Buktinya 5 unit yang masuk di term pertama sudah ada pemiliknya. Yudi Yulianto mengatakan pada term kedua aka nada lagi beberapa unit dan itupun sudah ada pemesannya.

RAJU FEBRIAN

Last Updates

Adakah yang Mampu Mengalahkan Marc Marquez di MotoGP?

Le Mans, 21 Mei 2019 - Adakah yang mampu mengalahkan Marc Marquez di MotoGP musim ini? Sampai saat ini tidak ada. Ini terlihat dari...

Dukung Minat Baca, FIFGROUP Resmikan Reading Corner di 5 Kota

JAKARTA, 20 Mei 2019 – Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan minat membaca dan kreatifitas siswa. PT Federal International Finance atau...

KTM Owner Community Indonesia, Bentuk Divisi Talent and Freestyle

JAKARTA, 20 Mei 2019 – Pengembangan diri terus dilakukan KTM Owners Community Indonesia atau yang disingkat KOCI. Komunitas pengguna sepeda...

Dimas Ekky Terjatuh, Marquez Raih Podium Moto2 Prancis

Le Mans, 20 Mei 2019 - Alex Marquez akhirnya naik podium pertama untuk pertama kalinya sejak balapan di Motegi 2017 silam. Kemenangan di balapan...

Pembalap Inggris Menjadi “Raja Prancis”

Le Mans, 20 Mei 2019 - Balapan Moto3 selalu menyajikan pertarungan ketat sejak awal start hingga finish. Gambaran sengitnya pertarungan antar pembalap seolah menjadi...