Beranda NEW BIKES REVIEW: BMW C 400 X, Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya

REVIEW: BMW C 400 X, Keunggulan dan Spesifikasi Lengkapnya

JAKARTA, 17 Februari 2019 – Kondisi jalanan seperti Jakarta membuat sebal banyak orang. Panas, macet, lahan parkir terbatas membuat kita jadi mager alias malas gerak. Padahal Jakarta bisa menjadi kota yang asyik untuk dijelajahi. Banyak lokasi dan spot di Jakarta yang enak untuk disinggahi atau sekedar untuk kongkow.

Kini ada pilihan ditawarkan PT Maxindo Moto Nusantara. Pemegang merek BMW Motorrad Indonesia itu memperkenalkan skutik premium BMW C 400 X di flagship store BMW Motorrad Indonesia, Jakarta, Sabtu, 16 Februari 2019 kemarin. Skutik Maxi terkecil milik BMW ini melengkapi skutik BMW lain yang sudah ada di Indonesia yaitu BMW C 650 GT dan C 650 Sport.

Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto Nusantara mengatakan skutik mid-size dengan mesin di kisaran 400cc memang tengah naik daun dibandingkan dengan yang bermesin besar. Dengan kata lain peluangnya di pasar Indonesia cukup besar. “Permintaan di pasar Asia tumbuh tinggi. BMW C 400 X merupakan skuter matik dengan fitur-fitur canggih,” kata Joe Fans.

Oke, kita coba bahas satu per satu.

Desain BMW C 400 X

Secara umum kualitas BMW C 400 X ini – seperti yang sudah saya duga – sangat baik, khas BMW. Meski dibuat di fasilitas BMW di Lonchin, Cina, kualitasnya memiliki standar untuk pasar Eropa. Fasilitas di Cina ini juga digunakan BMW untuk membangun F650GS.

Desain C 400 X ini menunjukkan jika merupakan mid-size scooter ini dibuat untuk berkendara di perkotaan – simpel, ringan dan mudah bermanuver. Bodinya lurus dan langsing bahkan dibandingkan model lain seperti Yamaha XMax 400, Suzuki Burgman 400, Kymko Xciting 400i, atau SYM 400i.

Tampilan, terutama bagian depan, mirip-mirip BMW GS yang bisa dilihat dari front mudguard dan headlight asimetris dengan full LED dan DRL. Bagian belakangnya ramping sehingga memudahkan saat menghadapi jalanan sempit atau berada di tengah-tengah kemacetan.

Bagian depan dilengkapi windscreen yang bisa menahan angin. Tapi windscreen ini paten tidak bisa dinaikkan atau diturunkan.

Menghidupkan mesin sangat mudah karena sudah menggunakan teknologi Keyless Ride. Anda cukup menekan satu tombol yang berada di bawah handlebar. Oh ya, tombol ini punya banyak fungsi seperti menghidupkan dan mematika mesin, mengunci setang, membuka tangki bensin, dan storage compartement.

Jok empuk dibuat bertingkat sehingga nyaman bagi penumpang. Di sebelahnya terdapat besi untuk pegangan atau mengikat barang. Di bagian belakang tampil simpel dengan lampu LED berbentuk tipis.

BMW Motorrad Connectivity

Satu fitur inovatif di motor ini adalah penggunaan BMW Motorrad Connectivity. Anda bisa menghubungkan smartphone milik Anda dengan motor dan helm lewat penggunaan Bluetooth.

Dihadirkan lewat layar TFT berukuran 6.5 inci yang bisa diatur menggunakan controller di handlebar sebelah kiri. Jadi, Anda bisa mendengarkan musik atau mengetahui rute dengan navigasi.

Bahkan jika dikombinasikan dengan BMW Motorrad communication system Anda bisa berkomunikasi dengan pengendara lain atau bahkan melakukan panggilan telpon. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store untuk iOS, maupun Google Play untuk Android.

Mesin Bertenaga

BMW C 400 X diperkuat mesin satu silinder berkapasitas 350cc dengan transmisi CVT (continous variable transmission). Mesin ini disebut BMW mampu menghasilkan tenaga 34 hp (25 kW) pada 7500 rpm dan torsi 35 Nm pada 6000 rpm. Kemampuan motor ini disebutkan mampu melakukan sprint 0-100 km.jam dalam 9.5 detik. Sedangkan maximum speed mencapai 149 km/jam.

Kenyamanannya ditunjang swingarm yang tingkat keempukannya pas. Sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS and Automatic Stability Control (ASC). Rem Bybre (ByBrembo) caliper dikombinasikan dengan disk berukuran besar.

Meski menggunakan ban berukuran 14 inci di depan dan 15 inci di belakang, BMW C 400 X ini sangat mudah dikendalikan. Sasis memberikan weight distribution 50:50 plus telescopic fork dan twin rear shocks di belakang sangat nyaman.

Tapi ada satu fitur lagi yang menarik yaitu bagasi yang sudah dilengkapi dengan Flex Case. Saat Anda membuka bagasi, Anda akan mendapatkan ruang panjang tepat di bawa jok. Di bagian depan bisa memuat helm half face. Yang unik, bagian belakang bisa diperbesar sehingga muat helm full face.

Rahasianya, di bagian bawah belakang ada soft case yang bisa diturunkan dan dinaikkan sehingga mendapatkan bagasi lebih besar. “Hanya saja Flex Case ini bisa digunakan saat berhenti saja. Jika difungsikan, maka motor tidak bisa dihidupkan,” kata Ario Zainuddin, Product Manager PT BMW Motorrad Indonesia.

BMW C 400 X tersedia dalam pilihan warna Zenith Blue Metallic, Alpine White dan Black Storm. Sedangkan untuk harga dijual Rp 259.000.000 off the road Jakarta. C 400 X baru satu varian, sekitar bulan April BMW MOtorrad Indonesia akan memasukkan tipe C 400 GT.

TECHNICAL DATA

Engine
Type: Liquid cooled, 4-stroke single cylinder engine, four valves, single overhead camshaft, wet sump lubrication
Bore x stroke: 80 mm x 69.6 mm
Capacity: 350 cc
Rated output: 34 hp (25 kW) at 7,500 rpm
Max. torque: 35 Nm at 6,000 rpm
Compression ratio: 11.5 : 1
Mixture control / engine management: Electronic fuel injection
Emission control: Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-4

Performance / fuel consumption
Maximum speed: 149 km/jam
Fuel consumption: 3.51 liter/100 km
Fuel type: Premium Unleaded RON 91

Electrical system
Alternator: Three Phase 316 W generator
Battery: 12 V / 9 Ah, maintenance-free

Power transmission
Clutch: Centrifugal clutch
Gearbox: CVT gearbox
Drive: Two step spur gearing

Chassis / brakes
Frame: Tubular steel with die-cast aluminum sections
Front wheel location / suspension: Telescopic front fork, Ø 35 mm
Rear wheel location / suspension: Two sided aluminum swingarm, double spring struts, adjustable preload
Suspension travel front / rear: 110 mm / 112 mm
Wheelbase: 1,565 mm
Castor: 81 mm
Steering head angle: 63.6°
Wheels: Cast aluminum wheels
Rim, front: 3.50 x 15″
Rim, rear: 4.25 x 14″
Tires, front: 120/70 R 15
Tires, rear: 150/70 R 14

Brake, front: Double disc brake, diameter 265 mm, 4-piston fixed calipers
Brake, rear: Single disc brake, diameter 265 mm, single piston floating caliper
ABS: BMW Motorrad ABS

Dimensions / weights
Length: 2,210 mm
Width: 835 mm
Height: 1,305 mm
Seat height: 775 mm
Inner leg curve, unladen weight: 1.760 mm
Unladen weight: 204 kg
Permitted total weight: 405 kg
Payload (with standard equipment): 201 kg
Usable tank volume:  12.8 liter
Reserve: Approx. 4 liter

STANDARD FEATURES
ABS
Adjustable Rear Suspension Spring Preload
ASC (Automatic Stability Control)
Center Stand
CVT Transmission
Flex Case
LED Tail Light
LED Turn Signals
On-Board Computer
Power Socket
Stainless Steel Exhaust System
Torque Control Assist
Twin LED Headlights
Upside-Down Forks

RAJU FEBRIAN

Last Updates

Adakah yang Mampu Mengalahkan Marc Marquez di MotoGP?

Le Mans, 21 Mei 2019 - Adakah yang mampu mengalahkan Marc Marquez di MotoGP musim ini? Sampai saat ini tidak ada. Ini terlihat dari...

Dukung Minat Baca, FIFGROUP Resmikan Reading Corner di 5 Kota

JAKARTA, 20 Mei 2019 – Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan minat membaca dan kreatifitas siswa. PT Federal International Finance atau...

KTM Owner Community Indonesia, Bentuk Divisi Talent and Freestyle

JAKARTA, 20 Mei 2019 – Pengembangan diri terus dilakukan KTM Owners Community Indonesia atau yang disingkat KOCI. Komunitas pengguna sepeda...

Dimas Ekky Terjatuh, Marquez Raih Podium Moto2 Prancis

Le Mans, 20 Mei 2019 - Alex Marquez akhirnya naik podium pertama untuk pertama kalinya sejak balapan di Motegi 2017 silam. Kemenangan di balapan...

Pembalap Inggris Menjadi “Raja Prancis”

Le Mans, 20 Mei 2019 - Balapan Moto3 selalu menyajikan pertarungan ketat sejak awal start hingga finish. Gambaran sengitnya pertarungan antar pembalap seolah menjadi...