Beranda UPDATES Reka Tampilan, Begini Jika Bugatti Chiron Jadi Sepeda Motor

Reka Tampilan, Begini Jika Bugatti Chiron Jadi Sepeda Motor

JAKARTA, Motovaganza.com – Ketika menyebut nama Bugatti yang terbayang di kepala kita adalah hypercar, mesin besar, kencang, mewah, futuristik, dan harga selangit. Ya, Chiron asalah mobil buatan pabrik Bugatti Automobiles SAS (Volkswagen Group) di pabrik di Molsheim, Alsace, Prancis. Ia mengusung mesin 8.0 L (488 cubic inch) W16 dengan quad-turbocharger, dan transmisi dual-clutch 7-speed, 1.103 kW (1.500 PS; 1.479 HP). Kecepatan 0-100 km/jam? Hanya 2.4 detik.

Nah, bayangkan bagaimana jika mobil seperti ini jadi sebuah sepeda motor. Anay Kshirsagar, desainer muda asal India, membuat konsep motor listrik Bugatti. Ia merancangnya untuk memberi penghormatan kepada sejarah dan perusahaan mobil ikonik asal Perancis. Bentuknya tidak lazim seperti kuda besi kebanyakan. Namun tampilannya mencerminkan kendaraan masa depan.

Motor ramah lingkungan ini terinspirasi dari Bugatti Chiron. Hasil buatannya ia unggah ke Behance, platform portofolio daring terbaik untuk para desainer dari seluruh dunia. Di situ para pekerja kreatif bisa membagikan dan menampilkan karya atau proyek yang sedang digarap.

Karya yang diunggah Anay ternyata mendapat apresiasi dari sejumlah desainer seluruh dunia. Ia memberi nama Audacieux (bahasa Perancis untuk Audacious) atau berani untuk ciptaannya. Semua idenya dituangkan dalam bentuk serbafuturistis. Dirinya juga ingin menyalurkan aspek filosofi desain Bugatti sebanyak mungkin. Estetika dari motor ini bisa dilihat dari bodi yang tidak memiliki garis tegas. Menampilkan juga lengkungan garis berbentuk ikon C di sisinya, khas pabrikan hypercar.

Sesuai konsep yang diinginkan Anay, bodinya dibuat sangat aerodinamis. Lengkungan di tiap tubuhnya cukup liar dan membuat orang takjub. Kursi hanya dibuat hanya untuk pengemudi, belum ada reka gambar bagaimana cara mengendarainya. Paling mencolok di sektor belakang, penggunaan lampu berteknologi LED. Sungguh minimalis karena konturnya berupa pencahayaan segaris yang mengikuti lekukan bodi penyokong jok.

Desain

Grill ciri khas Bugatti diletakkan di bagian tengah atau persis di belakang roda depan. Bentuknya yang seperti tapal kuda itu bisa difungsikan sebagai bagasi. Tidak besar, namun bisa menaruh sepasang sepatu. Anay menemukan cara kreatif itu agar bagian depan tidak terlalu kosong. Di belakangnya terdapat beberapa konsol untuk kebutuhan motor.

Baterai ditempatkan di bawah jok bagian tengah. Daya listrik memunculkan harapan agar motor dapat tampil keren dalam balutan teknologi terkini. Namun agak sedikit aneh ketika motor ini ingin berbelok. Pasalnya tidak ada komponen yang menghubungkan setang ke roda depan. Entah teknologi apa yang ingin ditunjukkan oleh perancangnya.

Data

Untuk menyangga roda depan Audacieux menggunakan swing arm. Sementara ban belakangnya tertutup dan tampak seperti menyatu dengan bodi. Roda depan maupun belakang memakai ukuran besar. Menariknya, pelek dibuat tanpa palang ataupun jari-jari untuk menopangnya, jadi terlihat ada lubang besar. Persis seperti kuda besi yang dipakai dalam film Tron Legacy.

Perlu diingat, tidak ada dalam catatan Anay yang menyebutkan data elektrifikasi secara spesifik. Hasil rancangan desainer muda ini hanyalah konsep imajinasi sebuah motor listrik yang inspirasinya datang dari Bugatti Chiron. Tentu saja hingga sekarang pihak pabrikan belum membeberkan untuk masuk ke bisnis motor. Baik itu roda dua konvensional, listrik, ataupun hanya sebuah konsep.

Sumber: Ride Apart, Behance

Baca juga: Seperti Inikah Wujud Bugatti Chiron Versi Motor?

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto