Beranda UPDATES Rangka Unik Kawasaki Ninja H2 Ini Dibuat Menggunakan Printer 3D

Rangka Unik Kawasaki Ninja H2 Ini Dibuat Menggunakan Printer 3D

LOS ANGELES, 21 November 2016 – Ada banyak cara untuk membuat motor anda memiliki penampilan yang tidak biasanya. Seperti halnya perusahaan asal El Segundo, California, Amerika Serikat, bernama Divergent 3D. Mereka berhasil membuat sebuah penemuan dengan teknologi canggih dalam hal pembuatan rangka motor tanpa adanya welding (las).

Sebelumnya, Divergent 3D telah sukses membuat mobil bergenre supercar dengan nama Blade, kali ini perusahaan science dalam manufaktur otomotif kembali hadir dalam gelaran otomotif Los Angeles Auto Show. Mereka memperkenalkan Kawasaki H2 dengan desain rangka miliknya yang diberi nama ‘the Dagger’. Rangka unik berwarna silver di Kawasaki H2 ini dibuat dengan menggunakan printer 3D.

‘The Dagger’ merupakan model hasil karya Divergent 3D yang resmi diperkenalkan dalam pembuatan rangka motor. Divergen sendiri merupakan teknik pengerjaan rangka pada manufaktur otomotif dengan bahan serat karbon bahan struktural (kombinasi serat karbon dengan allumunium dan biji besi) yang menggunakan seni 3D yang dicetak. Sementara, hasil cetak ini disebut NODE™. Hasil pembuatan rangka mampu dihasilkan hanya dalam hitungan menit.

Seperti yang dikutip dari situs mashable.com, sasis garapan Divergent 3D terbilang sangat kuat dan solid. Menariknya, desain rangka mampu dibuat dengan mudah walau memiliki desain yang rumit sekalipun. Tidak hanya kuat, rangka garapan Divergent 3D terbilang 50% lebih ringan dari rangka yang dihasilkan pabrikan alias rangka orisinil.

“Ini menunjukkan bahwa kami dapat mengembangkan komponen rangka untuk digunakan pada berbagai kendaraan. Mulai dari sepeda motor, supercar hingga ke truk. Dengan mengenakan platform ini, maka akan membuat anda dapat merancang, memproduksi hingga menginstalasinya di beragam model,” ujar Kevin Czinger, Chief Executive Officer Divergent 3D.

Orang nomor satu di perusahaan Divergent 3D ini sengaja mengaplikasikannya pada motor dengan tenaga supercharger, hal ini dipercaya karena Kevin ingin memperlihatkan kekuatan rangka miliknya yang diklaim sangat kuat, 50% lebih ringan, mudah pengerjaannya serta cepat dalam pengerjaannya.

Keren!

ANDHIKA KRESNA