Beranda MOTORSPORTS Prakualifikasi Balap Motor PON 2020 Berlangsung Sengit

Prakualifikasi Balap Motor PON 2020 Berlangsung Sengit

JAKARTA, 17 September 2019 – Pembibitan talenta muda di bidang olahraga bermotor, merupakan salah satu unsur penting dalam pencapaian prestasi nasional hingga internasional. Inilah yang dilakukan secara berkesinambungan oleh pemerintah, Pengurus Besar PON, dan tentu saja Ikatan Motor Indonesia.

Satu di antara beragam pembibitan itu adalah dengan menggelar Prakualifikasi Balap Motor untuk PON XX yang akan berlangsung di Papua tahun 2020. Ajang ini dihelat pada hari Rabu-Kamis, 11-12 September bertempat di sirkuit Karting Sentul. Ada 28 provinsi yang mengikuti ajang ini, dan tentu saja diwakili oleh para pembalap andalan masing-masing daerah.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam prakualifikasi ini, yakni kategori perorangan usia 21 tahun ke atas, dan kategori beregu 21 tahun ke atas. Sementara motor yang mereka gunakan (seragam), yaitu Yamaha MX King 150 cc. Perbedaan dengan motor yang dijual bebas terletak pada aplikasi suku cadang aftermarket seperti knalpot ProLiner, selang rem, suspensi, dan footstep racing dari RCB.

Di sirkuit dengan panjang lintasan 1,4 km ini, tim DKI Jakarta berhasil memboyong dua podium juara dari dua kelas berbeda, yakni kelas 150 cc Std Beregu untuk usia 21 tahun ke atas, dan Bebek 150 cc std beregu usia 10-20. Di kelas Bebek 150 cc STD Beregu (U21 ke atas), posisi kedua diraih oleh Jawa Barat, di susul oleh D.I Yogyakarta. Sementara itu, tim Jawa Timur meraih gelar Bebek 150 cc Std Perorangan U21 ke atas, di susul oleh Sulsel (Bebek 150 cc Std Perorangan U10-20 tahun).

REZA ERLANGGA