Beranda BLOGS Pertolongan Pertama Saat Motor Anda Terendam Banjir

Pertolongan Pertama Saat Motor Anda Terendam Banjir

JAKARTA, Motovaganza.com — Motor yang terendam banjir merupakan momok bagi para pemotor. Apalagi cuaca ekstrem yang ditandai dengan turunnya hujan deras di banyak wilayah di Indonesia, telah menimbulkan genangan bahkan banjir di beberapa titik.

Banyak motor yang terendam oleh banjir. Belum lagi motor yang mati karena dipaksa menerobos banjir. Jangan sembarangan menangani motor yang terendam banjir. Banyak hal yang harus diperhatikan agar kerusakannya tidak bertambah parah.

Pastikan motor kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima walaupun telah terendam banjir. Berikut tips melakukan pertolongan pertama saat motor Anda terendam banjir dari Bridgestone Battlax Indonesia. Semoga banjir yang terjadi dapat segera surut sehingga bikers bisa beraktivitas seperti sediakala.

Tips Banjir

Jangan Langsung Menyalakan Motor

Apabila motor Anda terendam hingga melewati filter udara, menyalakan motor dapat memperparah kerusakan motor kesayangan Anda.

Cek Busi dan Kelistrikan

Lepas busi dan bersihkan dengan kain bersih dan kering. Anda juga bisa memakai sikat untuk kepala busi. Periksa juga sistem kelistrikan seperti starter motor, sakelar, dan lain-lain untuk mengurangi resiko korsleting.

Periksa Oli mesin dan Filter Udara

Periksa dan pastikan oli tidak bercampur air banjir. Oli yang tercampur akan berubah warna menjadi coklat susu. Gantilah oli hingga terbebas dari air dan periksa ulang setelah beberapa hari. Pastikan filter udara juga tidak terdapat air. Bila air sudah masuk, segera lepas saringan dan keringkan, atau lebih baik diganti dengan filter baru.

Tips Banjir

Bersihkan Motor dan Periksa Rem

Setelah selesai memeriksa semua bagian motor, bersihkan dan keringkan seluruh bagian motor, bersihkan dan keringkan seluruh bagian motor untuk mengurangi resiko korosi atau berkarat. Periksa bagian rem, karena kampas rem dapat menjadi lengket dan dapat mengunci dengan sendirinya. Mainkan rem saat motor berjalan untuk mengeringkan bagian tromol dan kampas rem.

Segera Bawa Motor Anda ke Bengkel

Guna meminimalisir resiko kerusakan yang berkelanjutan, segera bawa ke bengkel. Pastikan bagian karburator, atau cvt tidak kemasukan air. Pastikan juga teknisi memeriksa semua bagian sehingga memastikan kesehatan motor kesayangan Anda.

REZA ERLANGGA

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Honda Beat Baru, Suzuki Nex II dan Yamaha Mio M3

JAKARTA, Motovaganza.com -- Honda BeAT tak lagi ketinggalan dari Suzuki Nex II. Bahasannya tentu menyasar soal fitur, karena PT Astra...

Ini Daftar Ubahan All New Honda BeAT Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Honda akhirnya secara resmi meluncurkan Honda BeAT series generasi terbaru di Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/1/2020) kemarin. Skutik...

Catat! Marc Marquez Kunjungi Jakarta 4 Februari 2020

JAKARTA, Motovaganza.com - Marc Marquez akan berkunjung ke Jakarta, 4 Februari 2020. Kunjungan tersebut dalam rangka peluncuran secara resmi tim...

Honda BeAT Street Terbaru, Tampil Beda dan Dijual Mulai Rp 17,15 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com -- Selain BeAT versi standar, PT Astra Honda Motor (AHM) juga merilis varian BeAT Street di Jakarta, hari...

Honda BeAT Generasi Baru Meluncur, Dijual Mulai Rp 16,4 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan All New Honda BeAT series di Kemayoran, Jakarta, hari...