Beranda BLOGS Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Mengganti Ban Berukuran Besar

Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Mengganti Ban Berukuran Besar

​JAKARTA, 10 Januari 2017 – Penggunaan ban motor terlau lebar atau yang dikenal dengan ban gambot merupakan salah satu modifikasi yang diminati hingga saat ini tidak terkecuali motor berjenis skutik .

Selain terlihat lebih gaya dan sporty, ban gambot diklaim memiliki keseimbangan yang baik dan mampu meredam guncangan jalan dengan maksimal.

Namun sayangnya, di balik manfaat tersebut, ada pula kerugiaan penggunaan ban gambot, khususnya pada motor skutik. Kerugian ini disebabkan karena karakter ban yang berdiameter besar. Apa saja kerugiannya? Berikut penjelasannya.

Seperti yang dilansir situs www.liputan6.com dalam kanal tips setidaknya ada empat hal yang membuat skutik menjadi tidak nyaman akibat penggunaan ban gambot tersebut.

Pertama,  Kurang lincah. Menggunakan ban gambot membuat pengendalian motor lebih stabil dan cengkraman lebih kuat. Tetapi, saat kondisi jalan padat atau macet, motor akan lebih sulit bermanuver. Pada akhirnya, kelincahan motor pun akan berkurang.

Selain kurang lincah,  kerja rem pada ban gambot pun menjadi lebih ekstra. Hal ini tidak lain disebabkan karena ukurannya yang lebih besar dibanding ukurang standar pabrikan. Ini membuat kinerja piranti rem lebih berat.

Meskipun demikian, saat mengubah ban biasanya bengkel modifikasi juga menawarkan piringan rem dengan diameter yang lebih besar. Tetapi biasanya, keawetan piranti tersebut berada di bawah kualitas pabrik.

Selain rem, kerja yang lebih berat juga akan dialami oleh mesin. Semakin besar tenaga yang harus dikeluarkan, maka semakin besar pula asupan bensin yang dibutuhkan mesin. Karenanya, ban gambot akan membuat motor semakin boros bahan bakar.

Sama seperti yang sebelumnya, ukuran ban yang besar akan membuat kinerja v-belt lebih ekstra. Pada motor skutik, ada potensi penurunan kinerja CVT hingga lebih mudah rusak bila menggunakan ban gambot.

ANDHIKA KRESNA