Beranda MOTORSPORTS Performa Semakin Membaik Valentino Rossi Kembali Mengancam

Performa Semakin Membaik Valentino Rossi Kembali Mengancam

Jakarta, 13 Agustus 2019 – Frasa old soldiers never die, rasanya patut disematkan kepada Valentino Rossi. Pembalap paling tua di MotoGP 2019 ini, memang gak ade matinye kata orang Betawi, dan masih menebar ancaman bagi para kompetitornya.

Awal musim kompetisi dia berhasil bersinar dengan menempati posisi kedua di Argentina, dan Amerika Serikat. Ini membuktikan bahwa diusianya yang kini mencapai kepala empat, performa Rossi masih belum habis.

Ya, juara dunia 9 kali ini memang belum habis. Ini bisa kita lihat dari statistik performa Valentino Rossi yang lebih baik dari kebanyakan pembalap muda. Jika kita bandingkan dengan Maverick Vinales misalnya, Rossi masih unggul 1 poin. Rossi juga masih unggul dari Fabio Quartararo, rookie muda bersinar di MotoGP. Rossi membukukan poin 103, sementara Quartararo hanya 92 poin.

Baca Juga:
Mampukah Marquez Mengalahkan Semua Rekor Rossi?

Rossi juga masih lebih perkasa dari Jack Miller, Cal Cruthclow, Takaaki Nakagami, dan masih banyak lagi. Di klasemen sementara, dia hanya kalah dari Alex Rins, Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Pencapaian ini berkat skill, keteguhan, serta mental juara Rossi. Pasalnya, jika menyangkut persoalan performa Yamaha di MotoGP, maka kita pasti akan sepakat bahwa performanya masih kalah dari Honda, Ducati bahkan beberapa kali mampu dikalahkan oleh Suzuki.

Baca juga:
Valentino Rossi Tepati Janjinya di MotoGP Austria

Tetapi asa untuk bangkit telah ditunjukkan Rossi sejak MotoGP Jerman. Tren positif berlanjut ke sesi uji coba di Brno. Sayang, the Doctor masih mengeluh soal kecepatan Yamaha YZR-M1 yang dibesutnya.

Benar saja, pada sesi kualifikasi di MotoGP Austria, Rossi kembali terpuruk di posisi 10. Tetapi bukan Rossi namanya jika tidak fight hingga titik darah terakhir.

Ketika start dimulai, Rossi melesat dan menyalip satu per satu pembalap muda yang mengadang jalannya. Dia merengsek hingga ke posisi 4, dan kembali menorehkan 13 poin untuk menambah pundi-pundinya di klasemen pembalap. Selanjutnya, Rossi akan berlaga di MotoGP Inggris, tepatnya di sirkuit Silverstone.

Sirkuit Silverstone sangat akrab dengan pria asal Italia ini. Rossi telah memenangkan MotoGP Inggris sebanyak delapan kali! Pertama di era GP125 cc tahun 1997, lalu GP250 pada tahun 1999, dan MotoGP sejak tahun 2000, 2001, 2002, 2004, 2005, dan 2015. Seluruh kemenangan itu menjadikannya raja sirkuit Silverstone dengan total kemenangan 8 kali. Bekal yang baik untuk kembali membukukan kemenangan.