Beranda MOTORSPORTS Peraturan Baru MotoGP 2020 Ternyata Mengejutkan

Peraturan Baru MotoGP 2020 Ternyata Mengejutkan

JAKARTA, Motovaganza.com – MotoGP musim 2020 akan segera dimulai. Sebagai kelanjutan dari musim kompetisi tahun lalu, sejumlah penyesuaian kecil tapi penting akan ditetapkan untuk musim depan. Tujuannya agar kompetisi MotoGP 2020 lebih seru dan menyajikan pertarungan sengit yang enak untuk disimak.

Alasannya mudah saja, dominasi Marc Marquez musim lalu tentu tidak enak untuk dilihat. Apalagi hampir tidak ada yang mampu mengalahkan dan menghentikan langkah Baby Alien itu di MotoGP. Fenomena ini ditakutkan nantinya akan membuat penonton bosan dan lambat laun meninggalkan perhelatan MotoGP.

Menghindari kejadian tersebut, secara garis besar perubahan peraturan melingkupi aturan balap, hingga teknis. Termasuk pula pengaturan jadwal sirkuit hingga datangnya pembalap-pembalap baru.

Aturan Balapan dan Teknis

Dimulai dengan sisi jalannya balapan. Penalti jump start MotoGP diubah dari ride through penalty menjadi two long lap penalties. Setelah sukses menerapkan hukuman Long Lap tahun lalu, setiap pembalap yang melakukan jump start di MotoGP, Moto2 dan Moto3 harus menjalani dua penalti Long Lap dalam waktu lima lap setelah diberitahukan.

Setiap penalti Long Lap dianggap membebani pengendara antara tiga dan lima detik per putaran, tergantung pada sirkuit, yang berarti total penalti akan sama dengan antara enam dan sepuluh detik yang telah dipilih sebagai hukuman yang lebih adil.

Perubahan itu dipicu setelah tiga insiden jump start tahun lalu, dimulai dari Cal Crutchlow di Grand Prix Argentina sebelum Maverick Vinales dan Joan Mir melakukan pelanggaran serupa di Amerika Serikat. Yang membingungkan, Vinales justru menjalani penalti Long Lap sebelum melakukan riding melintasi pit lane.

Penggunaan Black flag dan Orange flag

Jika pembalap terkena black flag atau orange flag, maka dia memerlukan izin resmi dari steward teknis motogp untuk kembali ke lintasan. Meski demikian, peraturan inti baru akan dimulai tahun 2022. Sementara itu, penggunaan knee slider logam dilarang di MotoGP karena berbahaya.

Bagi ajang Moto 2 dan Moto 3, pembalap yang bisa melaju dari kualifikasi 1 ke kualifikasi 2 akan diberikan ban depan tambahan untuk melengkapi tambahan ban belakang. Michelin juga sudah memperkenalkan konstruksi ban baru untuk musim 2020. Ban baru itu sebenarnya telah diuji pada musim kompetisi tahun 2019.

Melengkapi peraturan teknis yang ada, aturan penggunaan perangkat aerodinamika juga berubah. Tahun ini setiap pengendara hanya diizinkan satu perubahan Aero Body per musim.

Penambahan Sirkuit

Sektor ini menjadi salah satu pembaruan menarik musim ini. Pihak penyelenggara MotoGP telah menyetujui penambahan satu sirkuit baru, yakni KymiRing di Finlandia.

Sirkuit ini kembali digunakan setelah 38 absen dari kalender MotoGP. Sirkuit ini memiliki trek lurus 1,2 kilometer. Tahun silam, beberapa pembalap telah terbang ke sana untuk melakukan uji coba.

Hasilnya beragam, ada yang suka namun banyak pula tidak menyukainya. Perubahan juga terjadi pada jadwal penggunaan sirkuit. Sirkuit Buriram Thailand kini dipindahkan setelah seri pembuka di Qatar.

Alex Marquez, Moto2 race, French MotoGP 2019

Pembalap Baru

Alex Marquez menggantikan Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda. Formasi ini mencetak sejarah dengan menjadi kakak adik pertama yang berada dalam satu tim di MotoGP. Selain dia, Brad Binder dan Ike Lecuona juga menjadi rookie di tim Red Bull KTM, serta Red Bull KTM Tech 3.

Nah, mampukah peraturan baru ini membuat perhelatan MotoGP 2019 semakin memikat? Atau mampukah peraturan baru menghambat laju Marquez? Mari kita tunggu perhelatan perdana MotoGP pada 6-8 Maret 2020 mendatang di Qatar.

Sumber: Motogp.com | Crash.net

REZA ERLANGGA

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah

LONDON, Motovaganza.com – Ada yang unik dari keluarnya Triumph Street Triple R edisi 2020. Model terbaru 765R, menyusul 765RS yang meluncur tahun lalu, mendapat...

Beli Motor di Astra Auto Fest 2020 Ada Potongan Tiap Bulan

JAKARTA, Motoaganza.com – PT Astra International bakal menggelar Astra Auto Fest 2020 akhir pekan depan. Tak hanya yang mencari mobil baru, mereka yang ingin...

Tergiur Pasar, Aprilia Rancang Motor Sport 300 cc

NEW DELHI, Motovaganza – Tak mau kalah dengan pabrikan lain, Aprilia menyiapkan senjata barunya untuk bermain di segmen motor sport...

Program Baru IIMS 2020, Kontes Modifikasi Kendaraan Listrik

JAKARTA, Motovaganza.com – Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 selalu menarik antusias dari berbagai elemen otomotif. Tahun ini IIMS...

Suzuki Stop Penjualan Burgman, Ini Penyebabnya

JAKARTA, Motovaganza.com – Kabar mengejutkan datang dari Suzuki. Pabrikan itu mengatakan akan menyuntuk mati salah satu skutiknya Suzuki Burgman di...