Beranda UPDATES Paten Piaggio Bocor, Siapkan Trike Baru dengan Dua Roda di Belakang

Paten Piaggio Bocor, Siapkan Trike Baru dengan Dua Roda di Belakang

JAKARTA, Motovaganza.com – Piaggio sebenarnya sudah punya trike alias sepeda motor roda tiga yaitu Piaggio MP3. Jamaknya trike lainnya, model ini menempatkan dua rodanya di depan. Nah, tersiar kabar jika Paggio menyiapkan motor baru dengan dua roda di bagian belakang.

Rumors ini muncul setelah tersebar edaran paten gambar yang diyakini kepunyaan pihak pabrikan asal Italia itu. Belum ada penjelasan resmi seputar kebenarannya. Secara tampilan sangat berbeda dengan Piaggio MP3 terbaru, beberapa hari lalu. Laman Visordown meyakini gambar itu merupakan paten milik Piaggio.

Dari gambar rancangan yang beredar terlihat dua roda justru terletak di bagian belakang. Sedangkan sebuah roda berlokasi di area depan. Bisa jadi inspirasinya berasal dari trike Harley-Davidson seperti Freewheeler atau Tri Glide. Penyajiannya pun mirip, memiliki roda depan berdiameter lebih besar ketimbang belakang. Namun, motor roda tiga Piaggio diduga menggunakan transmisi otomatis — sama dengan perbekalan MP3 sekarang ini. Tentu berbeda dengan sematan sistem penggerak pada motor roda tiga H-D.

Menariknya lagi, dua roda belakang Piaggio ini beroperasi seperti MP3. Sudut kedua roda dapat berubah dan bergerak miring, menyesuaikan pengendara saat melalui tikungan baik ke kanan maupun kiri. Sudah semestinya pula unit ini mendapatkan fitur semacam Hold Assist System (HAS). Layaknya three wheeler Piaggio MP3, pengendara tak perlu menurunkan kaki sembari menunggu di lampu lalu lintas.

Baca juga: Beli Vespa dan Piaggio ada Voucher Sampai Rp 5,5 Juta Plus Helm

Perkiraan Mesin

Dipastikan akan ada perbedaan. Pasalnya, kinerja mesin dan sistem penggerak haruslah disesuaikan dengan rancang bangun tadi. Mungkin saja mengandalkan mesin lebih besar. Secara logika, ia membutuhkan tenaga dan torsi berlimpah. Atau mengaplikasi fitur yang memungkinkan trike baru Piaggio bisa berjalan mundur. Praktis buat pemiliknya nanti.

Keunikan lain, malah dipasangi peredam kejut tunggal. Peletakkannya pun tidak sentral seperti motor jenis sport. Melainkan hanya di sebelah kiri. Sama dengan posisi shock breaker milik skutik entry level seperti Honda Beat, Yamaha Mio M3 125 ataupun Suzuki Nex II.

Baca juga: Piaggio Menang Gugat Brand Cina yang Tiru Desain Vespa Primavera

Piaggio MP3

Informasi detail mengenai kepastian peluncurannya masih tersimpan rapat. Layak ditunggu karena ini menjadi terobosan anyar bagi pabrikan Italia.

Jika benar demikian, Piaggio bakal punya dua jenis trike untuk motoris dunia. Tinggal pilih, mau roda dua di depan seperti Piaggio MP3 atau roda ganda di belakang seperti paparan gambar di atas. Selanjutnya, bandingkan akomodasi, fitur hingga banderolnya dengan produk tersedia sekarang ini.

Sumber: Visor Down

Baca juga OTO: Piaggio bakal Rilis Trike Baru, Pakai Dua Roda di Belakang?

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto