Beranda ACCESSORIES Ohlins Yamaha NMax dengan Tabung Atas, Lebih Empuk dan Murah

Ohlins Yamaha NMax dengan Tabung Atas, Lebih Empuk dan Murah

JAKARTA, Motovaganza.com – Sebagai model skutik terlaris, berbagai produk after market juga melayani Yamaha NMax. Salah satunya adalah suspensi belakang yang beredar bak kacang goreng di pasaran. Tak hanya merek, fitur yang ditawarkan pun beragam. Sama halnya dengan Ohlins yang sudah meniagakannya sejak 2015 silam. Bahkan, segera ada lini terbaru lagi yang siap mereka rilis.

Penampakan produk baru ini sudah dimunculkan melalui website Yamaha Thailand. Dia hadir sebagai opsi untuk All New Yamaha NMax, yang belum lama ini juga meluncur di negeri itu. Menariknya terdapat perbedaan signifikan dengan produk eksis. Suspensi NMax baru dari Ohlins ini punya konstruksi tabung atas, sementara model sebelumnya menggunakan tabung bawah.

Kamipun coba mengkonfirmasi perihal spek lengkapnya kepada distributor Ohlins di Indonesia. Apalagi mereka juga sudah berencana mendatangkannya ke Tanah Air. “Travelnya berbeda dan menggunakan spring yang lembut,” kata Eddy Saputra, Direktur PT Madani Sentra Multi Jasa kepada OTO, Selasa (21/4).

Mengenai jenis spring, Eddy mengatakan model terbaru ini memakai per linear, memiliki jarak antar per sama dari atas ke bawah. Tidak lagi seperti sekarang menggunakan per progresif. “Lalu untuk yang baru ada penyetelan rebound, tapi tidak ada kompresi. Terbalik dengan model lama, ada setelan kompresi tanpa rebound,” ujar Eddy.

Menurut Eddy hal itu dilakukan sebagai dasar mempertimbangkan kenyamanan berkendara. “Rebound lebih diutamakan untuk kenyamanan karena jalanan di Indonesia masih banyak bumpy. Cocok buat touring dan menyetelnya juga lebih mudah,” sahutnya lagi.

Baca juga: Butuh Layanan Service di Rumah? Cek di Aplikasi My Yamaha Motor

Tunggu COVID-19 Reda

Sayang, peredam kejut Yamaha NMax ini belum bisa dipinang konsumen dalam waktu dekat. Dari perbincangan kami dengan pihak Ohlins Indonesia, itu terjadi lantaran adanya pandemi virus corona (COVID-19). Jadwal produksi yang semula berlangsung April bergeser ke Mei atau Juni. Maka konsumen di Thailand saja baru bisa melakukan pembelian pada Juli mendatang.

Kabar baiknya, pemilik NMax di Indonesia justru berkesempatan memakainya lebih dulu. “Tergantung kapan produksi di Thailand. Kalau tidak ada perubahan lagi, kemungkinan Juni-Juli. Strateginya harus kami duluan, karena market Ohlins paling gede itu di sini (Indonesia). Jadi harus lebih cepat atau minimal sama dengan Thailand,” papar Eddy.

Baca juga: IRC Exato 13 Inci, Cocok Buat Yamaha NMax

Cukup logis. Eddy menyebut penjualan suspensi NMax Ohlins di Indonesia mencapai 700 set setiap tahunnya. Jika dikalkulasi sejak 2015-2019 (5 tahun) sudah ada 3.500 set shock Ohlins yang sekarang ini sudah terpasang. Tentu saja, konsumen mendapatkannya dengan harga tak kurang dari Rp 7,7 juta. Namun, godaan terbesar justru datang dari line up terbaru ini.

Ketika kami tilik, Yamaha Thailand mematok harga pasaran 18.450 Baht atau nyaris Rp 8,8 juta. Namun ternyata tidak dengan banderol yang akan ditetapkan Ohlins Indonesia. “Saya sih maunya lebih murah, mungkin Rp 7,5 juta,” pungkas Eddy. Kendati begitu, konsumen sepertinya harus berebut karena Ohlins Indonesia berencana memasukkan hanya 100 set per bulan.

Baca juga: Shock Ohlins Yamaha NMax dengan Tabung Atas, Harganya Lebih Murah!

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto