Beranda UPDATES Next Honda PCX Bakal Hadirkan Mesin dan Fitur Baru

Next Honda PCX Bakal Hadirkan Mesin dan Fitur Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Bicara soal skutik 150cc di Indonesia, Yamaha NMax boleh dibilang juaranya. Apalagi ia baru saja mendapat ubahan besar. Penggunaan konektivitas gawai dan kontrol traksi menjadi fitur unggulan barunya. Kondisi ini tentu sulit dihadapi Honda PCX 150. Tapi rasanya itu takkan lama karena Honda menyiapkan kejutan.

Kabar mengenai rencana Honda memugar salah satu skutik premium andalannya itu sudah bermunculan. Bocoran itupun lantang dipaparkan Great Biker. Media asal Thailand itu menampilkan penampakan yang diyakini all New Honda PCX 150. Walau belum dapat dipastikan kebenarannya, kami rasa tampangnya kini lebih agresif. Tebeng besar yang menjadi identitas PCX, tetap dipertahankan.

Namun terdapat ubahan pada sektor penerangan. Lampu utama tak selebar PCX yang eksis saat ini, dibuat lebih kecil. Terlihat juga perubahan bentuk lampu sein. Tak lagi di atas seperti sekarang, melainkan berpindah ke tebeng bawah. Mirip-mirip NMax.

Kemudian desain lampu belakang. Dibuat lebih minimalis. Uniknya lampu sein didesain terpisah dengan menempati ruang di bawah lampu rem. Sementara bagian tubuh lain tampak sama, cuma ada penambahan cover setang sebagai pelengkap dari model yang ada sekarang.

Baca juga: Honda ADV150 Raih Rookie of The Year

Mesin Baru

Nah, yang mengejutkan adalah mesin. Sumber serupa menerangkan, PCX bakal menggendong jantung mekanik baru. Disebutkan kubikasinya mengalami penambahan 150 cc menjadi 157 cc. Jika benar adanya, berarti kapasitas mesin NMax terlewati. Pun demikian dengan performa. Apalagi isunya mesin baru PCX itu juga disusupi ramuan baru 4 klep. Sama seperti NMax.

Sayang bocoran itu tak sampai menyebutkan detail performa PCX 150. Sekadar pembanding, NMax punya daya maksimal 15,1 hp @8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm. Dengan spek tadi, harusnya kemampuan PCX 150 baru lebih besar. Pertanyaannya, tinggal bagaimana Honda meramu keluaran daya dan momen puntir dengan efisiensi bahan bakar.

Walaupun pekerjaan itu rasanya tak sulit buat mereka. Terlebih beberapa teknologi yang mendukung penghematan BBM juga sudah punya. Sebut saja eSP, fitur Idling Stop System (ISS) atau yang lain. Belum lagi jika ditunjang rancang bangun paling anyar seperti terapan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Baca juga: Naik Motor Boncengan Saat PSBB? Boleh, Tapi Ini Syaratnya

Sudah mereka perlihatkan baik pada Honda Genio maupun All New Honda Beat. Jikapun Honda melakoninya ke PCX, berarti menjadi salah satu faktor yang mendongkrak peningkatan efisiensi PCX 150 nantinya.

Kendati begitu, poin itu rupanya belum cukup buat menjegal langkah NMax. Mereka mengklaim soal keberadaan fitur terbaru. PCX dituliskan bakal menyematkan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Berarti ia menyamai All New NMax lewat perbekalan kontrol traksi tadi.

Bahkan, ditambahkan pula terapan konektivitas gawai. Inilah yang mungkin menjadi puncak dari upaya Honda menyaingi Yamaha. Kita tahu sekarang ini populasi NMax masih lebih banyak daripada PCX. Dengan sederet kebaruan itu, khalayak mungkin bakal tergoda. Walau pada akhirnya penentuan harus dilihat lagi dari segi harga. Apalagi kita tahu produk-produk Honda dijual lebih mahal. Kita tunggu saja kabar baiknya, karena diprediksi All New PCX 150 lakoni debut akhir 2021.

Sumber: Great Biker

Baca juga: Jegal Yamaha NMax, Honda PCX Hadir dengan Mesin dan Fitur Baru?

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto