Beranda NEW BIKES Triumph Scrambler 1200, Motor Off-Road Paling Tangguh di Kelasnya

Triumph Scrambler 1200, Motor Off-Road Paling Tangguh di Kelasnya

Bertenaga 90 hp dengan torsi 110 Nm.

LONDON, 26 Oktober 2018 — Triumph Motorcycle telah meluncurkan Triumph Scrambler 1200 baru yang mereka klaim sebagai motor off-road paling tangguh dalam kategorinya. Mengapa demikian? Triumph Scrambler 1200 telah ditopang dengan mesin HP (High Power) paralel twin berkapasitas 1.200 cc, liquid-cooled milik Triumph Thruxton yang sudah di-tuning ulang, serta dibarengi dengan firing order/urutan pembakaran serta crankshaft  270 derajat yang juga digunakan oleh T120 Bonneville anyar.

motovaganza award

Mungkin kita akan bertanya, mengapa menggunakan crankshaft 270 derajat dan bukannya 360 derajat yang awalnya digunakan oleh Triumph. Alasannya agar mesin menghasilkan suara lebih berkarakter sekaligus meminimalisir getaran mesin.

Mesin baru tersebut membuat Triumph Scrambler 1200 lebih kuat karena mampu menghasilkan tenaga maksimal 90 hp pada 7.400 rpm. Angka itu 12,5 persen lebih kuat daripada Bonneville T120, dan 38 persen lebih kuat daripada Street Scrambler. Dalam hal torsi, mesin Scrambler 1200 dituning untuk menghasilkan lebih banyak torsi pada putaran bawah dan menengah; hasilnya torsi 110 Nm pada 3.950 rpm meluncur dari mesin barunya. Itu berarti 37,5 persen lebih besar dari Street Scrambler.

Triumph mengatakan mesin telah disetel untuk rentang rendah dan menengah yang kuat dan sementara gigi-gigi internal pada gearbox enam kecepatan tetap sama, rasio final drive-nya telah dimodifikasi. Slip dan assist clutch lebih mudah dikontrol untuk kondisi lalu lintas padat di perkotaan.

Triumph Scrambler 1200 terbaru hadir dalam dua pilihan, yakni XC dan XE. Perbedaan keduanya antara lain ada pada tinggi jok. Scrambler 1200 XC memiliki ketinggian kursi 840 mm sementara ketinggian kursi di XE adalah 870 mm. Bobot keringnya masing-masing 205 dan 207 kg, yang rata-rata sama dengan Tiger 800.

Paket elektronik pada Scrambler 1200 cukup lengkap. Sebagai permulaan, ada layar TFT generasi kedua yang dilengkapi beberapa fitur unik. Pertama sistem kontrol GoPro yang terintegrasi dengan sepeda motor. Triumph mengklaim terobosan ini menjadi yang pertama kali di dunia. Dikembangkan bersama dengan GoPro, fitur keren ini yang memungkinkan Anda mengontrol beberapa fungsi kamera aksi GoPro. Selain itu, tersedia pula fitur navigasi hasil kerjasama dengan Google Maps, dan Bluetooth.

Dalam hal gaya desain, versi XE dilengkapi dengan pelindung tangan dengan penjepit aluminium, tuas MCS Brembo, setang berpalet perak dengan riser anodized serta garpu berwarna emas. Sementara varian XC diberi warna  Jet Black and Matt Black, serta Khaki Green dan Brooklands Green, Scrambler 1200 XE diberi warna Fusion White dan Brooklands Green, serta Cobalt Blue and Jet Black.

Harga resmi baru diumumkan Triumph pada 14 Desember 2018 mendatang.

REZA ERLANGGA