Beranda NEW BIKES Oprek Kawasaki Ninja 250 Terbaru

Oprek Kawasaki Ninja 250 Terbaru

SENTUL, 13 Januari 2018 — Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah memperkenalkan sosok Ninja 250 terbaru pada ajang Kawasaki Bike Week yang diadakan bulan November 2017 silam. Kali ini KMI mengajak para awak media untuk mencicipi generasi terbaru dari Ninja 250 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Banyak perbedaan dan perbaikan yang dilakukan Kawasaki pada Ninja 250 edisi terbaru ini. Kawasaki Ninja 250 terbaru ini dimensi yang berbeda dari versi 2017. Meski secara dimensi ia memiliki ukuran yang sama, namun bobotnya kini lebih ringan 8 kg dari versi 2017.

Untuk versi standar memiliki bobot 164 kg sedangkan yang generasi sebelumnya 172 kg. Versi ABS sekarang bobotnya 167 kg sedangkan generasi sebelumnya 174 kg.

Secara desain, generasi terbaru ini lebih tajam dan lebih terlihat mewah karena adanya LED pada lampu utama yang dapat menyala keduanya. Hanya saja menurut saya ini lebih mirip dengan Honda Vario karena disematkan juga sudut lancip untuk meningkatkan aerodinamisnya.

Bentuk airbox pun lebih besar yang sekarang disimpan di bawah tangki, untuk memaksimalkan aliran udara yang masuk ke ruang bakar juga berfungsi untuk membuang panas mesin ke arah samping, bukan ke bawah seperti Ninja sebelumnya. Desain velg pun berubah menjadi palang 5 yang lebih sederhana dengan bobot lebih ringan menurut Kawasaki.

Belum cukup ubahan yang dilakukan Kawasaki, volume tangki bensin diperkecil menjadi 14 liter yang sebelumnya 17 liter, hal tersebut tentu membuat bobotnya lebih ringan serta desain tangki bensin yang mengecil itu akan mendukung cengkeraman paha yang lebih optimal. Selain itu, penyematan rangka trellis serta swing arm yang lebih ringan dan menyerupai sasis Kawasaki H2, juga membantu memangkas bobotnya lebih ringan dari sebelumnya.

Speedometer menggunakan desain baru dengan kombinasi analog dan digital seperti yang dipakai pada Ninja 650 dan dilengkapi dengan posisi transmisi, odometer, jam, dan tachometer, simbol ABS, trip A dan B, konsumsi bensi rata-rata dan real time, serta informasi jarak tempuh yang dicapai dengan sisa bensin yang ada.

Oh ya, di fairing sebelah kiri semua versi sudah disematkan port USB untuk men-charge gadget. Namun hal ini menurut saya tidak terlalu penting untuk motor sport Ninja.

Masih menggunakan platform mesin yang sama, hanya saja tenaganya lebih besar dari Ninja sebelumnya. Mesin all new Ninja 250 ini dapat menyemburkan tenaga sebesar 38 Hp pada 12.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 23,5 Nm pada 10.000 rpm. Berbeda dari generasi kedua yang hanya bertenaga sebesar 31 Hp pada 11.000 rpm dan besaran torsinya 21,5 Nm pada 10.000 rpm.

Versi standar (tanpa ABS) dijual Rp 61,9 juta dengan tiga pilihan warna yaitu lime green, metallic spark black dan premium red. Untuk Special Edition tanpa ABS dan dijual seharga Rp 64,3 juta. Sedangkan untuk edisi special yang menggunakan ABS punya dua pilihan, seperti passion red dijual Rp 71,9 juta dan Candy burnt orange mdp dijual seharga Rp 72,4 juta.

VALDO PRAHARA

Comments