Beranda NEW BIKES Kejutan, Husqvarna Vitipilen dan Svartpilen 401 Tiba-Tiba Hadir di IIMS 2018

Kejutan, Husqvarna Vitipilen dan Svartpilen 401 Tiba-Tiba Hadir di IIMS 2018

Baru diluncurkan di Eropa, keduanya justru muncul lebih cepat di Indonesia.

Husqvarna Svartpilen

JAKARTA, 20 April 2018 – Hasqvarna membuat kejutan dengan memboyong Vitpilen (White Arrow) dan Svartpilen (Black Arrow) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Motor ini baru saja diperkenalkan di Eropa.

Pada bulan Januari 1955, Husqvarna, manufaktur motor asal Swedia memperkenalkan model baru bernama Silverpilen (silver arrow) yang terinspirasi dari nama mobil balap Mercedes yang ikonis. Motor ini ditujukan bagi para anak muda dengan idola seperti James Dean, dan langkah itu sangat berhasil. Selang 9 tahun kemudian, dari 11.300 Silverpilens yang diproduksi, habis terjual.

Selang 63 tahun, formula serupa diterapkan oleh Husqvarna pada Vitpilen (White Arrow) dan Svartpilen (Black Arrow) 701 dan 401. Tujuan dari desain motor ini adalah menangkap esensi masa lalu, namun dengan cara yang paling modern dan progresif. Tak pelak, desainnya menjadi sangat avant garde, namun sangat Swedia (baca: praktis, minimalis dan fungsional). Kehadirannya sontak mengejutkan para pengunjung dan pencinta motor (termasuk kami) yang sedang wara-wiri di hall C, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Pasalnya motor ini baru sekitar tiga hari lalu menjadi pemberitaan heboh di India, tempat dimana produk ini akan dirakit. Jika di India masih merupakan spy shoot, di IIMS 2018 kedua tampil “telanjang”. Nah, seperti apa spesifikasinya?

Walau sama-sama mengusung desain avant garde, Svartpilen 401 lebih tradisional dengan handlebar baja, velg jari-jari dan ban semi offroad Pirelli STR Rally berukuran sama dengan Vitpilen. Di sisi lain, Vitpilen 401 menawarkan desain lebih sporty mirip cafe racer dengan setang model clip, dan ban Metzeler M5 berukuran 110/70R-17 di depan dan 150/60R-17 di belakang.

Husqvarna Vitpilen

Berbasis KTM 390, motor ini menggunakan sasis trelis. Garpu depannya berdiameter 43 mm dengan suspensi monoshock belakang lansiran WP, dan rem cakram depan dan belakang bermerek ByBre di kontrol oleh 9.1MB dua channel ABS. Keduanya dilengkapi dengan cluster instrumen digital, konektivitas ponsel pintar, lampu depan LED (bundar), serta slipper clutch.

Tapi berbeda dengan KTM390 yang menjadi basisnya, Husqvarna mengubah posisi dudukan kaki, hingga posisi duduk sehingga terasa lebih nyaman. Keduanya menggunakan mesin berkapasitas 375 cc, empat langkah, bertenaga 43 hp pada 9.000 rpm, dengan torsi 36 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga dialirkan melaluli girboks enam kecepatan.  Sistem injeksinya dikontrol oleh Bosch EFI melalui fly by wire.

Husqvarna Vitpilen 401 dan Svartpilen 401 baru saja diluncurkan di Eropa, Maret silam, namun kini telah bisa dinikmati para pengunjung IIMS 2018. Berbeda dengan KTM, motor ini menyasar konsumen yang lebih berkantung tebal, sehingga harganya kami prediksi di atas KTM Duke 390. Berapa harganya? Menurut prediksi tidak akan jauh berbeda dengan KTM 390 dan BMW310 GS. Pihak Husqvarna belum bisa mengkonfirmasi kapan kedua motor ini akan diluncurkan di Indonesia, namun menurut kami paling lambat akhir tahun 2018, setelah meluncur di India.

Spesifikasi:

Mesin: 375 cc
Tenaga: 43 hp pada 9.000 rpm
Torsi: 36 Nm pada 7.000 rpm
Girboks: 6 kecepatan

REZA ERLANGGA