Beranda NEW BIKES All New Honda PCX Hybrid Bukan Untuk ‘Trek-Trekan’

All New Honda PCX Hybrid Bukan Untuk ‘Trek-Trekan’

JAKARTA, 18 Juli 2018 — Diperkenalkan di Indonesia pada bulan April lalu, All New Honda PCX Hybrid akhirnya mulai diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di pabrik mereka di Sunter, Jakarta Utara.

Dari sisi penampilan, ada beberapa perbedaan antara Honda PCX standar dan hybrid. Perbedaan utama All New Honda PCX Hybrid tampil elegan dengan warna Hybrid Blue dan penyematan logo hybrid di setiap sisi bodi. Selain itu, PCX hybrid juga dilengkapi fitur full digital panel meter dengan tampilan lebih informatif melalui fitur riding mode, level pengisian baterai dan indikator baterai lithium. Disematkan pula lampu LED dan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS).

All New Honda PCX Hybrid terlihat semakin canggih dengan disematkannya mode berkendara yang terletakan pada sebelah kiri setang. Mode ini memiliki tiga pilihan berkendara sesuai dengan kebutuhan pengendara yakni Drive Mode, Sport Mode dan Idling Mode. Mode D atau Drive Mode dimana pengendara dapat merasakan performa bertenaga namun hemat bahan bakar yang merupakan mode standar saat pertama kali motor dinyalakan.

Mode S atau Sport Mode untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi yang lebih responsif dibandingkan mode D. Pengendara yang ingin menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (ISS) dengan tenaga yang sama seperti mode D. Ketiga mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga bagi skutik bertenaga 150cc ini.

All New Honda PCX Hybrid dilengkapi dengan Enchanced Smart Power (eSP) teknologi minim gesekan, efisiensi pendingan dan transmisi yang menghadirkan performa mesin terbaik. Untuk menunjungan kenyaman pengendara, model ini dilengkapi dengan DC socket untuk power charger yang terletak pada konsol box sisi depan serta Honda Smart Key System baru yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Kenyamanan berkendara yang menyenangkan dapat dirasakan dengan penyematan ban yang lebih lebar yakni 100/80-14 untuk ban depan dan 120/70-14 untuk ukuran ban bagian belakang dan desain velg terbaru.

Skutik premium ini juga dilengkapi seat stopper yang menahan posisi jok agar tidak tertutup saat sedang menyimpan atau mengeluarkan barang, dan suspensi ganda di bagian belakang.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengklaim, All New Honda PCX Hybrid sebagai kendaraan roda dua pertama di dunia hadir di tengah masyarakat Indonesia yang menggemari kendaraan teknologi tinggi dengan mengutamakan kenyamanan serta tampilan yang elegan.

Teknologi hybrid yang hadir pada all New Honda PCX Hybrid bekerja saat tuas gas diputar dengan spontan. Tenaga motor assist yang didapatkan dari baterai lithium-ion yang disematkan pada mesin 150cc ini diklaim mampu meningkatkan torsi sehingga membuat akselerasi lebih responsif dibandingkan PCX standar. Dengan performa yang lebih responsif, teknologi hybrid PCX ini mampu menghemat lebih dari 2,2% dalam penggunaan bahan bakar berdasarkan pengetesan EURO 3 dengan menggunakan metode ECE R40.

Namun, jangan berharap terlalu berlebihan terhadap akselerasi PCX Hybrid, karena meskipun responsif, sejatinya motor ini tidak diciptakan untuk alasan kecepatan berkendara. Ya, motor ini diciptakan untuk mereka yang ingin mendapatkan sebuah motor berteknologi tinggi, ramah lingkungan dan tentu saja lebih hemat bahan bakar. Meski demikian, akselerasi spontan yang dimilikinya tentu bisa mengejutkan rival-rivalnya.

Bagi Anda yang menyukai motor berteknologi tinggi, dapat menebusnya dengan harga Rp 40.300.000 (on the road DKI Jakarta). Apakah pantas sebuah motor matic dibanderol dengan harga seperti itu? Menurut kami, pantas saja. Apalagi mengingat bahwa inilah satu-satunya motor hybrid di Indonesia dan dunia. Selain itu, teknologi yang diembannya pun sudah sangat canggih.

REZA ELANGGA