Beranda MOTORSPORTS WorldSSP300: Galang Hendra Kibarkan Merah Putih di Brno

WorldSSP300: Galang Hendra Kibarkan Merah Putih di Brno

Balapan dihentikan lewat red flag saat baru berjalan 7 putaran. Hendra unggul hampir 5 detik di depan.

BRNO, 11 Juni 2018 – Bendera Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu, 10 Juni 2018 kemarin. Hasil ini berkat pencapaian Galang Hendra Pratama yang sukses merebut podium juara dalam balap bergengsi FIM Supersport 300 World Championship.

Pembalap muda asal Yogyakarta binaan Yamaha Indonesia itu memperkuat Biblion Yamha Motoxracing memang tampil apik sejak latihan. Ini menjadi kemenangan keduanya di WorldSSP300 setelah Jerez musim lalu. Ia unggul dari Walid Khan (Nutec Benjan Kawasaki) yang naik podium untuk pertama kali serta Borja Sancez (ETG Racing).

Jalannya balapan WorldSSP300 Ceko, Galang Hendra yang start dari grid pertama sangat menegangkan, mengalami start yang kurang mulus dan berada di urutan ke-2 setelah melalui tikungan pertama. Posisinya sempat diambil alih Ana Carrasco (DS Junior Team).

Tetapi dengan berani dan agresif Galang Hendra kembali mengambil alih pimpinan balapan. Dan terus memperlebar jarak dengan 40 pembalap lain. Sayang, balapan harus dihentikan karena adanya pembalap yang mengalami crash, 3 lap menjelang finish, dan bendera merah dikibarkan tanda dihentikannya jalannya balapan. Galang yang memimpin balapan dengan gap 4,739 detik dan dinyatakan sebagai juara.

Kemenangan ini juga menjadi bukti ketangguhan perfoma Yamaha YZF-R3 yang digunakan. Walaupun YZF-R3 kalah dalam raihan top-speed dengan Ninja 400 dan RC390R, tetapi Galang Hendra dapat mengoptimalkan skill balapnya. Berdasarkan data saat race, maka top speed YZF-R3 Galang Hendra mencapai 181,8 km/jam, sedangkan Ninja 400 dan RC390R masing-masing di angka 198,2 km/jam yang diukir Loureiro (DS Junior Team) dan 194,9 km/jam oleh Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP  Team).

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia dan bahagia dengan meraih podium juara untuk Merah Putih Semakin Di Depan. Terimakasih kepada tim, sponsor, masyarakat Indonesia dan keluarga yang mendukung dan mendoakan. Saya akan melakukan yang terbaik dan fokus untuk balap selanjutnya di Misano,” ujar Galang.

Kemenangan ini membuat Galang Hendra Pratama berada di posisi ke-8 dalam klasemen sementara WorldSSP300 dengan nilai 43. Posisi tiga teratas diiani Ana Carrasco (78 poin) Borja Sanchez (58) dan Luca Grunwald (57 poin).

Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. YAMAHA Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyambut gembira kemenangan ini. “Ini menjadi kebanggan kita semua, Galang Hendra membuktikan diri di WorldSSP300. Ini adalah penghargaan untuk YZF-R3 yang dibuat di Indonesia dan Galang Hendra berasal dari Yogyakarta, Indonesia,” kata Minoru Morimoto.

RAJU FEBRIAN

latest updates

BMW C400X Pesaing Yamaha T-Max Masuk Indonesia Awal 2019

JAKARTA, 18 Desember 2018 -- PT Maxindo Moto selaku distributor BMW Motorrad di Indonesia siap menggebrak pasar otomotif roda dua...

Honda Turunkan 4 Teknisi Berlaga di Kompetisi Tingkat Asia Oceania

SURABAYA, 19 Desember 2018 – Honda menurunkan 4 teknisi dari bengkel resmi sepeda motor Honda (AHASS) dalam kompetisi Honda Asia-Oceania...

AGV Rilis Helm Terbaik Bagi Para Petualang

COSTA MESA, 18 Desember 2018 – Helm AGV merilis helm baru bertajuk AGV AX9 untuk wilayah Amerika Utara. Ditujukan bagi...

Tutup Tahun 2018, RSV Helmet Punya Banyak Diskon

JAKARTA, 18 Desember 2018 – Akhir tahun mau riding sekaligus bergaya dengan pakai helm baru? Mungkin promo diskon helm dari...

Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Naik Motor

JAKARTA, 17 Desember 2018 – Kacamata hitam atau sunglasses sambil mengendarai sepeda motor memang bisa bikin pengendaranya terlihat keren. Selain...