Beranda MOTORSPORTS San Marino, Rumah dengan Nama-nama Besar

San Marino, Rumah dengan Nama-nama Besar

(Foto: motogp.com)

SAN MARINO, 12 September 2015 — San Marino hanya memiliki populasi 32.000 jiwa, jumlah populasi terkecil dari anggota Uni Eropa. Namun San Marino adalah rumah dari beberapa nama besar di MotoGP.

Beberapa pembalap besar pernah lahir dari sini termasuk Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha MotoGP itu lahir di kota kecil yang disebut Tavullia, hanya sekitar 12 kilometer dari Sirkuit Dunia Misano “Marco Simoncelli” di mana GP San Marino diadakan pekan ini.

Meskipun Italia, Rossi adalah pahlawan Tavullia. Tahun lalu pantai-pantai sekitar Misano meledak merayakan kemenangan luar biasa Rossi, pertama sejak 2009. Rossi menjuarai balapan di sirkuit ini sebanyak tiga kali.

Selain Rossi, ada nama Alex De Angelis (E-Motion IodaRacing Team) yang juga berasal dari San Marino. Empat musim terakhir De Angelis berlaga di Moto2 dan MotoGP. Ia dua kali bertarung untuk memperebutkan gelar kelas 250cc dan finish di posisi kedua di kelas 125cc pada 2003.

Bahkan dengan populasi hanya 32.000 jiwa, San Marino menghasilkan Juara Dunia ganda Manuel Poggiali. Ia memenangkan gelar 125cc tahun 2001 dan kemudian mahkota kelas 250cc pada 2003. Sayangnya setelah tiga tahun yang luar biasa, Poggiali meninggalkan MotoGP pada tahun 2008. Ia sempat bergabung dengan Aprilia, Gilera dan bahkan KTM.

RAJU FEBRIAN