Beranda EDITOR'S PICKS Riders Italia Dominasi MotoGP? Ini Alasannya

Riders Italia Dominasi MotoGP? Ini Alasannya

(Foto: motogp.com)

SILVERSTONE, 6 September 2015 – Hasil balapan MotoGP di Silverstone, pekan lalu, memberikan catatan tersendiri. Di atas prodium, ketiga pembalap yang masuk garis pertama berasal dari Italia; Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing), dan Andrea Dovizioso (Ducati Team).

Padahal di awal start, tiga posisi terdepan start dihuni pembalap Spanyol; Marc Marquez (Repsol Honda Team), Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP) dan pembalap Repsol Honda lainnya Dani Pedrosa.

Banyak catatan yang menunjukkan pembalap Italia musim ini lebih baik dari rekannya asal Spanyol. Ini beberapa catatan versi motogp.com.

◊ Valentino Rossi telah mencatat 4 kemenangan musim ini. Ini merupakan jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim yang dibuat pembalap Italia sejak 2009 ketika Rossi memetik 6 kemenangan dan Andrea Dovizioso juga meraih kemenangan MotoGP.

◊ Balapan di Silverstone adalah yang kedua MotoGP tahun ini yang telah menghasilkan all-Italian podium. Sebelumnya, adalah balapan pembuka tahun di Qatar, yang merupakan podium pertama pembalap Italia di MotoGP sejak Motegi 2006.

◊ Sebanyak 4 pembalap Italia yang berbeda naik podium di MotoGP tahun ini. Jumlah terbesar dalam satu musim sejak 2005, ketika Valentino Rossi, Marco Melandri. Loris Capirossi dan Max Biaggi semua naik podium.

◊ Dengan 20 kali naik podium pada 2015, dan dengan 6 balapan tersisa, menjadikan tahun ini sebagai tahun paling sukses bagi pengendara Italia di MotoGP sejak 2006. Saat itu, riders Italia mencatat total 25 kali naik podium selama satu musim (Rossi – 10, Capirossi – 8 dan Melandri – 7).

◊ Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone semuanya pernah meraih pole position pada musim ini. Terakhir kali Italia memiliki tiga pembalap yang berbeda srat dari pole dalam satu musim terjadi pada 2003 (Valentino Rossi, Loris Capirossi dan Max Biaggi).

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:
MotoGP: Awal Spanyol, Akhir Italia
Rossi: “Ini Kemenangan Fantastis”
MotoGP: Rain Master, Valentino Rossi, Kuasai Silverstone