Beranda MOTORSPORTS Motor Kehilangan Traksi, Ali Adriansyah Gagal Finish di Misano

Motor Kehilangan Traksi, Ali Adriansyah Gagal Finish di Misano

Ali Adriansyah Rusmiputro

JAKARTA, 11 Juli 2018 – Pembalap Indonesia Ali Adriansyah Rusmiputro gagal menyelesaikan lomba di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Italia, pada putaran ke-6 World Supersport 300 (WSSP300), Minggu, 8 Juli 2018. Yamaha YZF-R3 yang ditungganginya mengalami kehilangan traksi sehingga terjatuh keluar lintasan.

Ali Adrianyah yang menggunakan motor bernomor 12 sebenarnya tampil apik saat latihan. Ia mampu mencatat waktu 1 menit 53,238 detik serta membukukan kecepatan tertinggi 176,2 km/jam. Top speed di sesi Free Practice 1 itu dipegang oleh Borja Sanchez yang menunggang Kawasaki 400 dengan 182,7km/j.

Namun di Superpole 1, keesokan harinya, pembalap yang di bawah naungan Pertamina Enduro Racing Team ditabrak pembalap lain hingga keluar lintasan dan tak dapat melanjutkan sesi kualifikasi. Alhasil, ia harus start dari posisi ke-23 dari 40 pembalap.

Start dilakukan dengan mulus oleh Ali Adriansyah. Ia melewati beberapa pembalap lain dan bersaing dengan penunggang Kawasaki dan KTM yang bertenaga lebih besar. Di lap ke-6 ia bahkan mampu naik satu posisi lagi ke posisi 15, sebuah posisi penting karena akan membuahkan poin di kejuaraan. Posisi itu terus ia pertahankan hingga lap 8.

Sayang di tikungan 3 pada lap 9, ban depannya kehilangan traksi. Motornya tergelincir dan keluar lintasan.

Hasil tidak menguntungkan memang harus diterima Ali Adriansyah Rusmiputro. Hingga saat ini ia berada di posisi ke-21 klasemen dengan nilai 6. Ali Adriansyah mengatakan ia tetap optimistis menghadapi balapan berikutnya di Sirkuit Aragon, Portugal, 14-16 September mendatang. “Saya akan tetap fokus dan terus positif untuk race selanjutnya di Aragon,” ucap Ali Adriansyah.

Selepas balapan di Misano, Ali Adriansyah bakal tampil di ajang CEV Supersport 300 pada 13-15 Juli ini. Kejuaraan yang berlangsung sebanyak 6 putaran itu memang masuk dalam jadwal kejuaraan yang diikuti Ali Adriansyah di 2018. Hanya saja ia tidak turun di semua putaran karena ada jadwal yang bentrok dengan WSSP 300, kejuaraan yang menjadi fokus utama Ali Adriansyah.

RAJU FEBRIAN