Beranda MOTORSPORTS MotoGP: Pecahkan Rekor, Marquez Amankan Pole Position

MotoGP: Pecahkan Rekor, Marquez Amankan Pole Position

(Foto: motogp.com)

MADRID, 26 September 2015 — Juara dunia Marc Marquez (Repsol Honda) akan start terdepan di MotoGP Aragon, Minggu (27/9), setelah mematahkan rekor lap miliknya sendiri. Ia menempati pole position di depan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha).

Marquez mencatat waktu 1 menit 46,635 detik pada lap pertama, yang cukup untuk mengamankan tempat pertama di grid besok. Catatan ini lebih baik dari waktu yang ia buat pada 2014 lalu yaitu 1 menit 47.187 detik.

Lorenzo, pembalap asal Spanyol lainnya, mencoba menempel catatan waktu Lorenzo. Namun ia harus rela 0,108 detik lebih lambat sementara pembalap Ducati, Andrea Iannone, ada di tempat ketiga.

“Dalam usaha pertama saya merasa sangat baik dan meskipun saya tidak memaksa diri 100 persen saya merasa saya bisa memperbaiki (waktu),” kata Marquez dalam konferensi pers.

(Foto: motogp.com)
(Foto: motogp.com)

“Waktu (yang dicatat) adalah kejutan besar, lap kedua saya membuat beberapa kesalahan dan kemudian pada akhir (lap) saya memaksa terlalu keras,” katanya.

Lorenzo yang merupakan juara di sirkuit ini tahun lalu mengatakan cukup puas dengan hasil yang dibuatnya. Start dari posisi kedua membuka peluangnya mengejar perebutan gelar juara tahun ini dengan rekannya di Yamaha, Valentino Rossi. The Doctor sendiri harus puas start dari baris kedua, atau di posisi enam.

“Saya masih ragu-ragu di beberapa daerah,” kata Lorenzo. “Marc sangat cepat tapi saya bisa mendekat pada akhirnya dan berada di grid depan adalah hasil yang baik.”

Rossi memimpin klasemen dengan 247 poin, terpaut 23 poin dari diikuti Lorenzo. Marquez memiliki 184 poin dengan sisa lima balapan lagi.

RAJU FEBRIAN