Beranda MOTORSPORTS ECU Baru Bikin Bingung Tim MotoGP

ECU Baru Bikin Bingung Tim MotoGP

(Foto: motogp.com)

JAKARTA, 22 November 2015 – Berbagai adaptasi harus dilaukan tim dan riders MotoGP 2016. Selain ban baru, dari Bridgestone menjadi Michellin, penggunaan Engine Control Unit (ECU) baru juga bikin banyak tim kebingungan.

Tim Movistar Yamaha, Suzuki Ecastar, Repsol Hoda, dan Ducati Team penggunaan ECU keluaran Magneti Marelli itu sering tidak sinkron. Dalam situs motogp.com, problem  ECU Yamaha, Honda, dan Ducati sudah terlacak saat tes pra musim MotoGP di Valencia beberapa minggu lalu.

Menurut para krew tim MotoGP penggunaan ECU baru Magneti Marelli itu banyak yang tidak sinkron. Banyak kode di software ECU Magneti Marelli 2016 yang tidak dipahami tim factory. Menurut mereka kode dalam software ECU Magneti Marelli 2016 memiliki kode yang banyak mengalami perbedaan dibandinkan musim lalu.

Vice President HRC Shuhei Nakamoto angkat bicara mengenai hal ini. Ia meminta tim factory mendapat prioritas utama dalam menyelesaikan masalah tersebut. “Ini tugas utama pihak Magneti Marelli,” kata Nakamoto.

Gara-gara ketidaksamaan kode dalam ECU baru ini beberapa pembalap susah mengendalikan motor mereka. Bahkan ada beberapa yang sampai terjatuh. Rencananya akhir November nanti akan dilanjutkan tes khusus pra musim di Jerez yang melibatkan Honda, Ducati, dan Aprilia.

ANDHIKA KRESNA