Beranda MOTORSPORTS Dianggap Membahayakan, MotoGP Larang Penggunaan Winglet

Dianggap Membahayakan, MotoGP Larang Penggunaan Winglet

BARCELONA, 2 Juli 2016 – Setelah melarang penggunaan winglet atau sayap mungil pada balapan Moto3 dan Moto2, mulai musim depan komponen ini juga dilarang untuk motor balap kelas wahid, MotoGP. Hal ini dinyatakan oleh Komisi balap MotoGP yang menyatakan tentang kesepakatan untuk melarang penggunaan komponen ini.

Penggunaan “penolong” aerodinamika motor balap ini tetap masih bisa diteruskan selama musim balap 2016 berlangsung. Namun untuk musim depan tak lagi diperbolehkan.

Awalnya, penggunaan winglet dipelopori oleh tim Ducati yang sempat memicu pro dan kontra. Winglet sempat dikambing hitamkan oleh beberapa pihak yang mengatakan penggunaannya dapat membahayakan pembalap lain. Selain itu winglet dianggap tidak memiliki efek signifikan untuk motor.

Ducati sendiri menggunakan “sayap kecil” ini dengan tujuan untuk menjinakkan roda depan yang selalu naik kepermukaan saat gas “dibetot” para ridernya ditambah dengan kemampuan GP16 yang semakin mantap melibas lintasan sirkuit sejak awal musim. Dengan winglet, daya tekan bagian depn motor akan lebih besar dan mencegah wheelie pada motor balapnya.

Meski menuai pro dan kontra, pada musim 2016 semakin banyak pabrikan yang aplikasi winglet. Selain Ducati ada Yamaha yang konsisten memakai komponen ini sejak awal musim 2016.

Waduh!

ANDHIKA KRESNA

Comments