Beranda NEW BIKES Motor-Motor Baru yang Meluncur di Indonesia International Motor Show 2019

Motor-Motor Baru yang Meluncur di Indonesia International Motor Show 2019

JAKARTA, 24 April 2019 – Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS 2019) akan berlangsung mulai 25 April-5 Mei 2019. Total akan ada 36 brand otomotif penumpang roda empat dan roda dua yang ikut serta. Khusus roda dua, jika ditotal ada 17 exhibitor kendaraan roda dua yang akan memeriahkan Telkomsel IIMS 2019. Mereka adalah Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph Motorcycles, dan Vespa.

Dari semua merek tersebut, akan ada beberapa merek yang secara resmi meluncurkan motor-motor baru di Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019. Apa saja? Berikut liputannya.

Benelli

Di IIMS 2019 Benelli akan memboyong dua produk terbaru mereka yakni Benelli Leoncino Scrambler 500, dan Benelli TRK 502 Adventure. Bergaya scrambler, desain Leoncino terlihat sangat menarik. Bahkan tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan Ducati Scrambler.

Motor ini menggunakan frame trellis baru dan digerakkan oleh mesin dua silinder berkubikasi 500 cc, bertenaga 47 hp dan torsi 45 Nm. Tenaga itu dialilrkan ke roda belakang melalui transmisi 6-kecepatan. Leoncino yang berarti anak singa dalam bahasa Italia itu, menggunakan garpu depan USD (upside down) dan monoshock di belakang.

Motor kedua yang akan diluncurkan Benelli di IIMS 2019 adalah Benelli TRK 502 Adventure. Motor bergenre adventure ini berbasis sama dengan Leoncino Scrambler. Tak heran jika jeroannya pun sama, yakni mesin twin berkapasitas 500 cc dengan tenaga dan torsi serta transmisi sama.

Benelli TRK 502 menggunakan suspensi depan USD 50 mm, dan monoshock di belakang. Penghenti lajunya menggunakan cakram ganda berdiameter 320 mm di depan, dan cakram 260 mm di belakang. Motor ini telah dilengkapi dengan sistem ABS dual channel. Sebagai penunjang turing jarak jauh, motor ini dibekali dengan tangka bahan bakar berkapasitas 20 liter.

BMW

BMW Mottorad Indonesia bakal memperkenalkan New BMW S1000RR M Package Motor sport yang diluncurkan pada pameran motor EICMA 2018 di Milan, Italia ini bakal jadi magnet di booth BMW Motorrad. Menurut klaim BMW, motor baru ini lebih ringan 10 kg dari pendahulunya, dan juga lebih dinamis dari pendahulunya.

BMW S1000RR menggunakan mesin baru bertenaga 207 hp pada 13.500 rpm dan torsi 113 Nm pada 11.000rpm. Menurut BMW, motor baru menghasilkan 8hp lebih dan mesinnya lebih ringan 4kg dari motor yang lebih tua. Mesin ini dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan dan BMW mengklaim kecepatan tertinggi 299 km/jam (dibatasi secara elektronik) mudah dicapai.

Honda

Astra Honda Motor (AHM) kemungkinan bakal memperkenalkan Honda X-ADV. Skutik adventure ini menggunakan mesin SOHC L2 yang berkapasitas 745 cc, berpendingin cairan. Mesin tersebut dijodohkan dengan transmisi DCT (Dual-Clutch Transmission) dengan 6 kecepatan.

Harley-Davidson

Manufaktur ikonis asal Amerika ini akan merilis H-D Iron 1200 dan FX DR114.  Iron 1200 masuk dalam keluarga Sportster dibekali tampilan jok café solo, dan desain tangki retro. Motor ini dibekali mesin Evolution 1.200 cc bertenaga 65 hp dengan torsi 94 Nm. Motor kedua yang akan diperkenalkan H-D adalah FXDR 114. Cruiser ini bermesin Milwaukee-Eight 114 berkapasitas 1.868cc, bertenaga 90 hp dan torsi 158 Nm.

Kymco

Kymco telah lama vakum di Indonesia, namun khusus untuk IIMS 2019, mereka akan memperkenalkan skuter matik Kymco Like 150i. Skuter ini sekilas memiliki desain yang mirip dengan Vespa, namun menyajikan beragam fitur canggih seperti panel speedometer dilengkapi dengan navigasi. Jadi, pengendara hanya perlu melihat layar navigasi noodoe yang menyatu dengan layar informasi pada speedometer. Skuter ini bermesin empat silinder, 4 Valve SOHC, berkapasitas 149,8 cc.

Lambretta

Lambretta V125 dan V200 akan menjadi show star di Telkomsel IIMS 2019. Kedua produk anyar itu akan menjadi andalan PT Skuter Motor Indonesia (SMI) distributor skuter Lambretta di Indonesia untuk menembus pasar skuter matik premium yang telah lama dikuasai oleh Vespa. Lambretta mengusung desain khas dengan buritan ramping dan lampu heksagonal.

Kedua motor ini dilengkapi dengan sepasang indikator LED, glove box dengan fitur pengisian daya 12 V, lampu belakang LED, serta kompartemen bagasi di bawah jok yang luas. Keduanya juga dilengkapi layar digital yang berisi informasi RPM, Voltmeter dan jam.

Lambretta V125 Special menggunakan mesin single cylinder 4 stroke dan air cooled berkapasitas 124,7cc. Sedangkan varian Lambretta V200 Special menggunakan berkapasitas 169cc. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi CVT dengan belt.

Royal Enfield

Royal Enfield Indonesia bakal meluncurkan Royal Enfield Continental GT 650 dan Interceptor 650. Kedua motor ini memiliki basis yang sama. Perbedaannya hanya pada desain saja. Continental GT 650 menggunakan desain café racer, sementara Interceptor mengusung desain modern klasik. Di sektor mesin, motor ini menggunakan mesin dua silinder berkapasitas 648 cc, 8-valve, oil-cooled, SOHC dengan injeksi bahan bakar lansiran BOSCH.

Triumph Motorcycles

Triumph New Speed Twin akan diluncurkan di IIMS 2019. Menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc, motor ini mampu menghasilkan tenaga puncak 85 hp pada 6.750 hp dengan torsi 111 Nm pada 4.950 rpm. Keluarga Boneville ini menggunakan beragam teknologi Ride-by-wire, ABS & switchable traction control, Three riding modes (Road, Rain and Sport), Torque-assist clutch. LED lighting, Feature-packed twin clocks, USB charging, Immobiliser, dan Tire Pressure Monitoring System accessory fit.

REZA ERLANGGA