Beranda MOTORSPORTS MotoGP: Rossi Naik Podium, Alex Kalahkan Marc Marquez di Lap Terakhir

MotoGP: Rossi Naik Podium, Alex Kalahkan Marc Marquez di Lap Terakhir

JAKARTA, Motovaganza.com – Duel head-to-head pertama antara dua saudara satu tim, Alex Marquez dan Marc Marquez, berlangsung seru. Alex Marquez (Repsol Honda Team MotoGP) menjadi pembalap pertam yang memenangkan dual aga Virtual MotoGP. Pembalap Spanyol itu mengalahkan kakak sekaligus rekan satu timnya, Marc Marquez pada lap terakhir di Misanno World Curcuit Marco Simoncelli (Italia).

Menariknya, pahlawan tuan rumah, Valentino Rossi juga meraih prestasi apik. Ia naik podium untuk pertama kali sekaligus memberikan gelar bagi Monster Energy Yamaha MotoGP. Meski ada unsur keberuntungan juga. Fabio Quartararo (Petrona Yamaha SRT) yang sebelumnya di depan harus terjatuh di putaran terakhir.

Bagi Rossi, raihan ini punya arti sendiri karena ia naik podium pertamanya. Memulai balapan dari posisi kelima, rider berusia 41 tahun, mungkin tak pasang target untuk menang. Mengingat pengisi grid di depan seperti Fabrio Quartararo, Alex, Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan rekannya Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha Rcaing) cukup ulung ketimbangnya. Terlebih bagi The Doctor inilah kali keduanya mengikuti balapan virtual tersebut. Sementara para rival, tak sekalipun absen dalam tiga putaran sebelumnya.

“Saya sangat senang dengan podium ini. Ini hasil penting karena MotoGP di kampung halaman,” kata Rossi. Ia mengaku berlatih khusus menghadai balapan kali ini.

Jalan Lomba

Rossi memang absen di putaran Jerez (Spanyol) lalu. Ia memuali start dengan baik dan melesat apik usai lampu hijau menyala. Kondisi krusial yaitu insiden pada tikungan pertama pun berhasil dilalui dengan mulus. Sayang, di tikungan kedua Rossi kehilangan kontrol setelah beradu kontak dengan Alex. Alhasil, diapun merosot hingga ke urutan delapan. Namun keberuntungan didapat setelah beberapa pembalap di depannya terjatuh. Perlahan kedudukan Rossi membaik, utamanya setelah melakukan overtake terhadap Joan Mir untuk mengamankan posisi keempat.

Rossi berusaha kembali mengejar Alex. Namun harus diakui, adik kandung Marc Marquez itu tampil lebih baik dengan joystick-nya. Dia bahkan mampu melewati sang kakak yang sebelumnya menghuni posisi kedua. Alex malah berhasil mencuri posisi terdepan, setelah Quartararo terjatuh di lap 3.

Setelah berbagai insiden, akhirnya posisi terdepan diisi Marc, Alex, Quantararo dan Rossi. Di lap pamungkas, Marc melakukan kesalahan lantaran melebar di tikungan terakhir. Kondisi itu lantas dimanfaatkan Alex untuk mengambil sisi terdalam dan melesat paling pertama ke garis finish. Meski gagal inilah pencapaian terbaik Marc selama melakoni empat kali balapan virtual.

https://twitter.com/marcmarquez93/status/1262020678628323329

Komentar

Hasil di Misano ini disambut Rossi. “Pekan ini saya berlatih lebih banyak dan merasa bagus dengan game MotoGP20. Sayang sekali saya sempat melakukan kesalahan di lap pertama. Tapi di 3 lap terakhir saya melihat tiga pembalap terdepan. Saya coba menjaga ritme dengan baik, sampai melihat Fabio (Quartararo) membuat kesalahan di lap terakhir. Saya eraih podium,” ucapnya sumrigah.

Bagaimana dengan Marquez bersaudara? Alex mengaku senang karena kini ia memiliki dua gelar. Sementara Marc, meski kecewa ia tak bisa bicara banyak karena yang mengalahannya adiknya sendiri.

“Ini hasil Virtual MotoGP terbaik saya. Sekarang saya bisa pensiun. Nanti akan ada pesta karena podium 1 dan 2 dari satu keluarga,” kata Marc bercanda. “Yang terpenting tetap bisa di motor. Sayang saudara saya mefnakahkan saya di tikungan terakhir. Saya tak suka dikalahkan di tikungan terakhir. Tapi jika saya memang harus kalah, lebih baik itu kalah dari adik saya.”

Pandemi COVID-19 membuat balapan MotoGP terpaksa ditunda. Hingga saat ini belum ada kejelasan kapan balap sungguhan bisa dilangsungkan? Informasi terakhir, ada probabilitas dimulai Kembali pada pertengahan Juli nanti. Kita tunggu saja kabar baiknya!

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube The Official Oto