Beranda MOTORSPORTS MotoGP: Maverick Vinales Cetak Kemenangan di Virtual GP Jerez

MotoGP: Maverick Vinales Cetak Kemenangan di Virtual GP Jerez

JAKARTA, Motovaganza.com – Yamaha akhirnya mencicipi gelar juara di Virtual MotoGP. Satu-satunya wakil Monster Energi Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, meraih kemenangan di Grand Prix Jerez, Spanyol, yang berlangsung Minggu (3/5/2020) malam. Balapan kali ini juga semakin seru. Tak hanya MotoGP, melainkan ada pula kategori Moto3 dan Moto2 yang pertama kalinya dilombakan.

Di kelas MotoGP, Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) kembali menjadi unggulan. Pembalap Italia terlihat percaya diri setelah menorehkan kemenangan perdananya di putaran Red Bull Ring, beberapa pekan lalu. Ia bahkan sudah melesat sejak balapan dimulai. Sementara seperti biasa, insiden kembali terjadi menjelang tikungan pertama.

Itupun berdampak kepada Maverick Vinales. Hasratnya untuk mencetak kemenangan pertama cukup besar, mengingat ini merupakan home race joki Monster Energy Yamaha. Semangatnya tak memudar walau sempat terjatuh untuk kedua kalinya. Beruntung buatnya karena balapan berlangsung dalam jumlah lap lebih banyak dari sebelumnya (13 lap). Dengan begitu, Vinales masih bisa mengejar ketertinggalannya.

Namun, langkahnya untuk bersaing di urutan depan pun tak cukup mudah. Usai tercecer di belakang, Vinales juga harus menghadapi persaingan dari duet Marc-Alex Marquez. Beruntung dia bisa lepas dari serangan kedua pembalap Repsol Honda, lalu memburu Bagnaia.

Dewi Fortuna benar-benar tengah memihak pembalap pabrikan Yamaha. Bagnaia yang masih memimpin hingga lap 10, tiba-tiba terjatuh karena kehilangan grip ban. Kondisi tersebut dimanfaatkan Vinales untuk merebut posisi terdepan. Kesialan Bagnaia bertambah lantaran Alex Marquez berhasil menggesernya ke urutan ketiga. Sedangkan Vinales melenggang untuk meraih kemenangan pertamanya.

Kemenangan Pertama

Ini kemenangan pertama bagi Vinales. Sebelumnya ia ada di P3 dan P2 pada balapan di Mugello dan Red Bull Ring. “Balapan dimulai dengan sangat buruk karena saya terjatuh di tikungan pertama. Kemudian saya terjatuh lagi ketika mengikuti Alex! Saya terlalu menekan. Kemudian saya dapat berkonsentrasi dengan membuat beberapa fastest lap. Tapi saya tidak menyangka Pecco (sapaan Bagnaia) membuat kesalahan. Hingga memberi keuntungan bagi saya memenangkan balapan,” terang Vinales usai balapan.

“Saya berharap semua orang di rumah dan pembalap bisa menikmatinya. Jujur saya tak memperkirakannya. Selalu menyenangkan menang, balapannya sangat fun,” kata dia.

Di Moto3, balapan diikuti 10 pembalap. Gabriel Rodrigo (Kömmerling Gresini Moto3) berhasil masuk finish pertama diikuti Albert Arenas (Aspar Team). Raul Fernandez (Red Bull KTM) yang sempat memimpin di awal lomba harus puas di posisi ketiga karena sempat terjatuh.

Adapun di Moto2, Lorenzo Baldassarri (Flexbox HP 40) tak terbendung sejak babak kualifikasi. Selain menjadi pole man, ia juga melaju tanpa pesaing. Jake Dixon (Petronas Sprinta Racing) terpaut gap sekitar 3 detikan dan Bo Bendsneyder (NTS RW Racing GP) di posisi ketiga.

Hingga saat ini belum ada informasi lanjut, kapan balapan di dunia maya ini kembali dilaksanakan. Ada kemungkinan Dorna kembali menyelenggarakannya, mengingat belum ada kepastian mengenai kelangsungan musim balap 2020. Meski begitu, khalayak tentu menantikan balapan dilakoni secara nyata.

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto