Beranda MOTORSPORTS MotoGP: CLBK! Lorenzo Kembali ke Yamaha jadi Test Rider

MotoGP: CLBK! Lorenzo Kembali ke Yamaha jadi Test Rider

JAKARTA, Motovaganza.com – Kejutan demi kejutan terus diberikan Yamaha menjelang digelarnya MotoGP 2020. Yamaha Motor Co., LTd dan Yamaha Motor Racing mengumumkan bergabungnya (kembali) Jorge Lorenzo. Yup, juara dunia 5 kali itu bergabung dengan Yamaha Factory Racing Team untuk musim 2020. Memang Lorenzo (32 tahun) tidak akan membalap sebagai rider utama. Ia digaet sebagai test rider tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Jelang musim balap bulan depan, bisa dibilang langkah agresif dilakukan Yamaha. Mereka mengamankan Maverick Vinales sebagai rider utama hingga 2022 mendatang. Kemudian membuat keputusan untuk memakai jasa Fabio Quartararo sebagai pengganti pembalap veteran Valentino Rossi, mulai 2021 nanti.

Sehari kemudian, giliran nama Lorenzo masuk dalam skuad pabrikan berlambang garputala tersebut. Lorenzo yang memiliki julukan X-Fuera, didaulat menjadi pembalap penguji. Ia menggantikan posisi Jonas Folger yang tak mendapatkan perpanjangan kontrak. Yamaha pun menyambut hangat kesediaan Lorenzo untuk menunggangi M1 lagi.

“Kami senang menerimanya lagi ke Yamaha. Statistik pencapaiannya selama 9 tahun bersama, merupakan bukti.  Dia adalah pembalap MotoGP berpengalaman, akrab dengan M1 dan orang-orang di Yamaha. Kami mengenalnya sebagai orang yang teliti dan punya motivasi. Seorang pembalap dengan konsistensi sempurna serta wawasan teknis baik,” ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, Kamis (30/1) kemarin.

Strategi Penting

Perekrutan Lorenzo ini jelas merupakan bagian dari strategi dalam mengatasi masalah Yamaha selama ini. Mulai sesi tes resmi di Sepang, Malaysia, pada 2-4 Februari mendatang, Lorenzo akan menunggangi YZR-M1. Dalam rilis resmi Yamaha Factory Racing, Lorenzo juga disertakan dalam kegiatan IRTA Test dan uji privat Yamaha sepanjang tahun ini.

Salah satu tugasnya adalan ikut membantu pengembangan dan berkolaborasi dengan insinyur Yamaha di MotoGP 2020. Kehadiran pembalap Spanyol itu akan jadi nilai plus. Ia sudah lama ikut mengutak-atik motor Yamaha. Ia dan Silvano Galbusera, Crew Chief di Yamaha Factory Racing Test Team.

“Menggabungkan pengalaman, pengetahuan juga kecepatan Lorenzo bersama Silvano Galbusera (pimpinan tim uji) adalah elemen penting untuk memperkuat tim penguji Yamaha,” tambah Lin Jarvis.

Sejarah Panjang

Bergabungnya pembalap dengan nama lengkap Jorge Lorenzo Guerrero ini seperti CLBK (cinta lama belum kelar). Ia bukan nama baru bagi MotoGP dan punya sejarah panjang dengan Yamaha. Ia memulai debutnya di MotoGP bersama Yamaha pada 2008. Menghabiskan waktu 9 tahun dengan Factory MotoGP Team, ia memenangkan tiga kali gelar dengan tunggangan YZR-M1 pada 2010, 2012 dan 2015.

Dua gelar juara dunia lainnya didapatkan di kelas 250cc bersama Aprilia RSW pada 2006 dan 2007.

Pada 2017-2018 ia hengkang ke Ducati dan Honda RCV213V pada 2019. Tiga musimnya di luar tim Yamaha gagal memberikan sukses. Sampai pada 14 November ia mengumumkan mundur.

Kini, Lorenzo mengatakan ia kembali bersemangat. “Saya sangat termotivasi dan tidak sabar untuk memulai pekerjaan ini. Melakukan yang terbaik demi masa depan Yamaha. Serta berharap pengalaman balap saya berguna membantu insinyur Yamaha juga pembalap, guna membawa kembali titel (juara dunia) itu,” sambut Lorenzo.

Hingga saat ini memang belum ada informasi apakah ada kesempatan untuk Lorenzo kembali bertarung. Misalnya sebagai pembalap wildcard. Toh, ia mengatakan sudah cukup bahagia bergabung dengan Yamaha meski hanya sebagai tes rider.

“Kami juga mengamankan banyak podium dan kemenangan serta tahu letak kekuatan kami. Saya senang membuat keputusan bergabung dengan tim tes pabrikan. Saya pikir ini adalah pekerjaan yang cocok. Yamaha paling cocok dengan gaya balap saya. Pasti sangat menarik bisa bertemu kembali dengan motor lama saya,” kata Lorenzo.

“Bienvenido de Nuevo… welcome back…!”

Baca juga: MotoGP: Reuni, Lorenzo jadi Test Rider Yamaha
Baca juga: Mengejutkan! Yamaha Tak Perpanjang Kontrak Rossi

Sumber: motogp.com

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TVS NTorq 125 cc Punya Fitur Teknologi Konektivitas

NEW DELHI, Motovaganza – Berbagai teknologi baru disematkan pabrikan sebagai modal untuk bersaing. Strategi yang juga dilakukan TVS lewat produk unggulannya, NTorq 125. Model...

Dibanderol Rp 500 Juta, Superbike Listik Damon Hypersport Ludes Terjual

TORONTO, Motovaganza.com – Tren kendaraan listrik tak hanya melanda roda empat alias motor. Di segmen roda dua atau motor hal sama terjadi. Buktinya produksi...

Kawasaki Z900 MY 2020 Resmi Dijual, Harga Naik Cuma Rp 15 Juta

JAKARTA, Motovaganza.com --  Tak ada helamat, hanya lewat rilis, Kawasaki Indonesia mengumumkan kehadiran Kawasaki Z900 Model Year 2020. Edisi terbaru ini hadir dengan berbagai...

Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah

LONDON, Motovaganza.com – Ada yang unik dari keluarnya Triumph Street Triple R edisi 2020. Model terbaru 765R, menyusul 765RS yang meluncur tahun lalu, mendapat...

Beli Motor di Astra Auto Fest 2020 Ada Potongan Tiap Bulan

JAKARTA, Motoaganza.com – PT Astra International bakal menggelar Astra Auto Fest 2020 akhir pekan depan. Tak hanya yang mencari mobil baru, mereka yang ingin...