Beranda CUSTOMIZED Modifikasi Honda Rebel, dari Cruiser ke Touring

Modifikasi Honda Rebel, dari Cruiser ke Touring

TOKYO, Motovaganza.com – Sedianya Honda Rebel adalah cruiser perkotaan. Tubuhnya kompak, dipadukan dengan setang tinggi dan jok rendah guna mendukung kenyamanan pengendara. Rasanya, Big Bike Honda ini sudah pas, tak perlu lagi utak-atik. Tapi, imajinasi tentunya sulit dibendung untuk meracik ulang ‘sang pemberontak’.

Tak sedikit pula builder dunia yang menjadikan Honda Rebel sebagai bahan modifikasi. Seperti sajian dari Kijima Customs. Cukup mengejutkan karena Honda Rebel itu justru bersolek a la Harley-Davidson. Pengaplikasian fairing sebagai pendamping lampu utama menegaskan tunggangan asal Negeri Paman Sam menjadi inspirasi mereka. Sekilas mirip varian touring H-D Ultra Limited.

Fairing ini mendukung untuk pengendaraan jarak jauh alias touring. Tepat di bawah headlamp, terpasang lampu kabut jenis LED. Tak berhenti di situ, tampilan muka Rebel dibuat lebih ciamik dengan sematan trim berwarna emas pada cover lampu utama juga sein.

Penggunaan unsur serupa kembali terlihat pada area panel meter. Honda Rebel modifikasi ini Tapi jangan berharap ada fitur infotainment selengkap kepunyaan motor touring Harley-Davidson. Pasalnya, layar bulat pada Rebel itu hanya menyajikan informasi (digital) fundamental saja. Jika ingin mendapatkan sensasi layaknya H-D, satu-satunya solusi ialah menggunakan smartphone. Oleh karena itu, Kijima menyediakan phone holder beserta USB port. Paling tidak bisa dimanfaatkan untuk memandu perjalanan, sekaligus mengisi ulang daya gawai.

Baca juga: VIDEO: Begini Jika Kawasaki Ninja ZX-25R Dimodifikasi

Bracket

Dengan porsi fairing besar ini, jelas tak ada yang berubah pada sektor pengendaliannya. Terlebih Kijima sendiri tak melakukan perubahan jok maupun setang. Khusus kemudi malah mendapatkan peningkatan kenyaman lantaran sudah dipasangi grip heater. Mereka meningkatkan sedikit keamanan, lewat pemasangan engine guard sebagai pelindung mesin sekaligus kaki pengendara. Unik, karena di salah satu sisi (sebelah kanan) terdapat bottle holder yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh botol minum atau bensin cadangan.

Satu yang menjadi kendala, Honda Rebel kurang akomodatif untuk perjalanan jauh. Tak ada satu pun ruang layak untuk menaruh barang bawaan. Urusan ini disiasati dengan menyediakan bracket untuk menaruh side bag. Ada tatakan untuk meletakkan ransel tanpa harus menghilangkan ‘hak’ penumpang. Ditawarkan pula dalam sajian tas berbahan kulit sintetis. Secara keseluruhan, modifikasi Rebel ini simple lantaran semua item merupakan produk plug and play. Tapi pekerjaan rumah buat Anda yang berminat, harus memesannya ke Kijima di negeri Sakura.

Baca juga: Triumph Luncurkan Scrambler 1200 Edisi James Bond

Performa

Di Indonesia, Honda Rebel dijual dengan harga Rp 189,5 juta. Saat ini ia datang dengan beberapa penyegaran. Terutama pada lampu utama. Meski tetap mengusung model daymaker, penerangannya sudah memakai lampu jenis LED. Begitu pula dengan lampu belakang yang kini berbentuk serupa – tidak seperti model lama dengan bentuk kotak. Lampu hemat daya teraplikasi pula pada lampu sein.

Rebel anyar juga dilengkapi beberapa fitur pendukung berkendara. Sebut saja sistem pengereman ABS. Bahkan kini, big bike terlaris Honda sudah berpelengkap Assist & Slipper Clutch. Dengan begitu pengoperasian koplingnya menjadi ringan. Selain itu, fitur ini bisa mencegah roda belakang mengunci saat mengalami engine brake. Ini penting mengingat Honda Rebel dibekali mesin DOHC 471,03 cc dua silinder dengan output 45 Hp/8.500 rpm dan torsi 43,6 Nm/5.500 rpm.

Sumber dan Foto: Young-Machine

Baca Juga: Honda Rebel Bersolek ala Harley-Davidson, Begini Tampangnya

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto