Beranda BLOGS Mengenal Teknologi Sayap Udara Pada Helm Arai

Mengenal Teknologi Sayap Udara Pada Helm Arai

SAITAMA, 25 September 2019 – Helm Arai tentu tidak asing lagi bagi para bikers. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1926 di Jepang dan didirikan oleh Hirotake Arai.

Mulanya, Arai hanya membuat topi. Namun, kemudian berkembang menjadi pembuat helm yang mengedepankan kenyamanan, inovasi teknologi terkini, dan tentu saja faktor keselamatan.

Setiap helm Arai adalah 100 persen buatan tangan. Setiap pengrajin menandatangani cangkang helm itu, dan setiap helm diperiksa setidaknya tiga kali selama konstruksi. Tak heran jika helm yang mereka produksi, selalu disambut baik oleh para bikers.

Satu faktor yang ingin kami bahas di sini adalah soal inovasi yang telah dipergunakan oleh helm Arai. Inovasi itu adalah Patented AirWings Adjustabe. Peranti ini adalah bilah/sayap kecil yang terdapat di bagian belakang helm. Sayap tersebut dirancang untuk meningkatkan level aerodinamika helm Arai agar dapat mengurangi hambatan angin dan turbulensi udara secara optimal.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arai Helmet Indonesia (@arai_indonesia) on

Tujuannya untuk meningkatkan stabilitas helm pada kecepatan tinggi atau pada saat pengereman keras dan juga mengurangi kebisingan yang terjadi dikarenakan aliran udara yang berputar di belakang helm. Sayap Udara yang dipatenkan oleh Arai ini juga meningkatkan stabilitas dan kenyamanan terutama pada kecepatan yang lebih tinggi saat diuji dan dikembangkan di MotoGP.

Sudut kemiringan AirWing ini dapat di sesuaikan dalam lima posisi sudut berbeda yang dapat disesuaikan dengan setiap posisi berkendara. Pertama, Posisi Balap. Pada kecepatan tinggi atau di posisi menunduk, posisikan AirWing di sudut terendah. Pada posisi Standard, sudut AirWing diposisikan di tengah. Pada posisi tegak, posisikan Airwing di posisikan paling atas. ⠀

Sumber: @arai_indonesia dan arai