Beranda BLOGS Mengenal Lebih Jauh Motor Bergenre Tracker

Mengenal Lebih Jauh Motor Bergenre Tracker

JAKARTA, 12 Maret 2017 – Di antara banyak pilihan kustom yang tersedia untuk motor saat ini mungkin Tracker merupakan salah satu pilihan yang menarik untuk anda simak selain kustom Café Racer dan Scrambler. Lalu apa yang melatar belakangi motor beraliran dual purpose ini di produksi secara masal?

Tracker memiliki penampilan layaknya motor racing a la sirkuit lengkap dengan tatakan nomor motor di bagian depan dan sisi kanan serta kirinya. Selain itu, motor juga terlihat simple dan ramping. Hal ini dikarenakan motor berpenampilan balap ini diperuntukkan untuk melaju cepat.

Alhasil, beberapa komponen motor pun ikut di “trodoli”. Namun, bagi anda yang ingin mengikuti aliran motor tracker, sebaiknya peranti keselamatan seperti lampu depan dan belakang serta sein tetap terpasang. Beberapa menamakannya dengan street tracker, dimana motor gaya tracker namun tetap legal dijalani di jalan umum.

Basis motor tracker berkiblat pada kejuaraan balap AMA pada ajang Grand National Championship era tahun 1960 dan 70-an. Dimana sirkuit hanya berbentuk ouval dengan dasar acuan dari tanah bukan dari aspal. Dick Mann dan Kenny Roberts pun turut disebutkan sebagai racer tracker era itu, praktis dua nama tersebut turut mempopulerkan motor beraliran tracker hingga hari ini.

Menariknya, motor tunggangan Kenny Roberts berbasis Yamaha XS650 dengan livery khas Yamaha pun masih menjadi tren hingga saat ini. tidak hanya model, livery dari Kenny pun masih dipertahankan pihak Yamaha Manufacture Motor untuk perayaan Yamaha tertentu.

Harley Davidson tipe XR750 Tracker diklaim sejumlah pihak sebagai motor buatan pabrikan resmi yang memproduksi motor beraliran tracker dan diproduksi secara masal kala itu. Sukses dengan seri 750, Harley Davidson pun mengembangkan pada XR1000 Tracker. Hingga tahun 2009-2013 Harley Davidson tercatat masih terus memproduski XR1200 Tracker.

Nama Tracker sendiri akhirnya menjadi sebuah aliran motor berbasis mesin besar dengan ban dual purpose. Pabrikan motor asal Inggris, Triumph Motorcycles pun berupaya untuk mempatenkan nama Tracker untuk varian Street Trcker miliknya di tahun 2012 lalu. Sementara, pabrikan asal Italia sudah mendapatkan paten dari nama motor bergenre Scrambler yang kini terus diproduksi.

Berikut motor beraliran Tracker dari beragam merk…

ANDHIKA KRESNA