Beranda MOTORSPORTS Mengejutkan! Yamaha Tak Perpanjang Kontrak Rossi

Mengejutkan! Yamaha Tak Perpanjang Kontrak Rossi

GERNO di LESMO, Motovaganza.com – Yamaha tak perpanjang kontrak Rossi musim 2021-2020. Kabar mengejutkan ini masuk ke email kami beberapa saat lalu. Dalam rilis pers yang mengejutkan itu, Yamaha tidak memperpanjang kontrak Rossi yang berakhir akhir tahun 2020, dan memilih Fabio Quartararo sebagai penggantinya. Artinya Rookie of the Year itu akan menjadi pembalap Yamaha pada tahun 2021-2022.

Bagi fans fanatik Rossi, langkah Yamaha terasa konyol karena Rossi telah mempersembahkan empat gelar MotoGP bagi tim Garpu Tala. Tak cuma itu, kedigjayaan tim Yamaha di MotoGP merupakan sumbangsih nyata Rossi.

Seperti Michael Schumacher di F1, Rossi adalah tipikal pembalap yang mampu membaca kelebihan dan kekurangan tunggangannya. Tak cuma itu, ia juga mampu memberi input penting bagi engineer untuk pengembangan Yamaha YZR-M1.

Di sisi lain, prestasi Maverick Vinales dan Fabio Quartararo belum secemerlang Rossi. Apakah langkah Yamaha tidak memperpanjang kontrak Rossi sudah benar? Tentu saja, karena keputusan ini mereka ambil setelah berdiskusi dengan Rossi.

Quartararo pengganti Rossi

Valentino Rossi mengatakan keputusannya untuk tidak memperpanjang karier MotoGP bersama Yamaha hingga akhir musim, karena dia ‘butuh jawaban’ tentang performanya. Rossi diminta oleh Yamaha untuk mengambil keputusan pada awal tahun ini, tetapi ia ingin menunggu beberapa balapan pada tahun 2020 untuk melihat apakah ia masih kompetitif apa tidak. Apalagi dia tak pernah memenangkan balapan lagi sejak MotoGP Belanda 2017. Performanya di 2019 pun melempem, dengan hanya dua kali naik podium.

Keraguan seolah terbit di hati The Doctor. Ia memilih untuk melihat performanya dalam tujuh hingga delapan balapan pertama tahun 2020, sebelum memutuskan apakah ia akan tetap membalap di MotoGP atau pensiun. Ini tentu tidak bisa ditunggu oleh Yamaha. Akhirnya, mereka memutuskan Fabio Quartararo mengisi kursi Rossi di tim pabrikan Yamaha.

Tetap Didukung Yamaha

Kerja sama Rossi dan Yamaha di tim pabrikan boleh saja usai di 2021-2022. Namun, bos Yamaha Lin Jarvis menyebut keputusan Rossi benar-benar dapat dimengerti. Tetapi mereka harus bertindak cepat untuk mengamankan Vinales dan Quartararo di tim pabrikan Yamaha.

Jika Rossi memutuskan untuk pensiun pada akhir 2020, Jarvis mengatakan Yamaha akan terus “memperluas” kolaborasinya dengan VR46 Riders Academy dan Master Camps-nya. “Jika dia merasa percaya diri dan terus membalap, kami akan memberikan motor YZR-M1 spesifikasi pabrik dan dukungan teknik penuh,” tambah Jarvis.

Rossi persembahkan empat gelar ke Yamaha

“Jika ia memutuskan untuk pensiun, kami akan melanjutkan dan memperluas kolaborasi kami di luar jalur dengan program pelatihan pembalap muda dan menjadikannya duta merek Yamaha,” lanjutnya.

“Ngomong-ngomong, itu semua spekulasi – saat ini kami masih akan bersama satu musim penuh. Saya dapat meyakinkan para penggemar bahwa Valentino akan mendapat dukungan 100% kami setiap hari, sampai akhirnya suatu hari ia memutuskan untuk menggantungkan baju balapnya,” ucapnya dalam rilis yang kami terima.

Sumber: Yamaha

REZA ERLANGGA

 

Video Terbaru Youtube The Official Oto