Beranda UPDATES Melihat Langsung Produksi Frame Honda Genio di AHM Plant Cikarang

Melihat Langsung Produksi Frame Honda Genio di AHM Plant Cikarang

JAKARTA, 12 September 2019 – Produk terbaru Honda Genio menggunakan frame atau rangka baru yang menggunakan teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka yang menggunakan baja ini disebut lebih ringan namun rigit dan kuat.

Untuk mengetahui proses pembuatannya, PT Astra Honda Motor (AHM) mengundang sejumlah media mengunjungi pabrik AHM Plant 3 Cikarang di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019) kemarin. Motovaganza mendapat kesempatan menyaksikan langsung proses kerja termasuk pembuatan frame eSAF.

Kami disambut langsung GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi. Ia mengatakan Plant AHM 3 Cikarang berdiri di atas lahan 30 hektar dengan luas pabrik 10,6 ha. Plant 3 Cikarang merupakan satu dari 4 plant yang dimiliki AHM. Lainnya berada di Sunter, Pegangsaan, Cikarang, dan Kawarang.

“Di sini kita memproduksi motor-motor skutik Honda seperti BeAT, Scoopy, Vario, dan Genio,” kata Dodi. “Di plant ini kita juga memproduksi frame Genio.”

Baca juga: Honda Genio Gunakan Teknologi Rangka Baru, Apa Kelebihannya?
Baca juga: AHM Bisa Produksi Honda Genio Sampai 2.200 Unit Per Hari!

Kami diajak ke lokasi pabrik yang melakukan proses perakitan Honda BeAT. Di sini kita bisa melihat proses pembuatan blok mesin, perakitan motor dari awal hingga menjadi motor utuh. “Di Plant Cikarang (A dan B) ini ada 4 line, yang menghasilkan satu motor setiap 5,5 detik,” kata Dodi.

Selanjutnya kami diajak melihat proses pembuatan frame Honda Genio. Dodi mengatakan frame Honda Genio menggunakan teknologi baru yang dinamakan enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Frame ini tidak lagi dibuat dari beberapa pipa yang disatukan, namun dibuat dari lembaran baja dengan ketebalan bervariasi 1 mm hingga 1.8 mm.

Lembaran-lembaran baja ini dicetak menjadi 3 bagian frame yaitu kanan, kiri dan tengah. Proses stemped ini menggunakan mesin yang memiliki tekanan hingga 1.200 ton. Setelah jadi, masing-masing bagian kemudian dilas menggunakan laser (laser welding) sehingga menjadi satu kesatuan. Prosesnya sudah otomatisasi menggunakan robot.

Baca juga:Inilah Kelebihan yang Ditawarkan Honda Genio
Baca juga:Honda Genio Resmi Dijual, Harganya Tak Sampai Rp 20 Juta

Endro Sutarno, Technical Training Department PT AHM mengatakan rangka baru yang inovatif ini menghasilkan frame yang ringan namun dengan rigiditas yang tinggi. Penggunaan teknologi baru ini membuat rangka lebih ringan dari 15 kg menjadi hanya 11 kg.

Selain itu rangka menjadi presisi sehingga stabilitas handling dapat meningkat, mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka eSAF juga mampu memberi pemanfaatan ruang, sehingga kapasitas luas bagasi meningkat menjadi 14 L dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L pada Honda Genio.

Honda Genio dibekali mesin eSP (enhanced Smart Power) generasi terbaru 110cc SOHC PGMFI, sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. AHM menawarkan 11 model warna Honda Genio yang terdiri dari 2 varian yaitu Genio CBS-ISS yang dijual Rp 17,7 juta dan Genio CBS yang dibanderol Rp 17,2 juta.

RAJU FEBRIAN