Beranda UPDATES Melaju 293 Km/Jam Motor Listrik Pecahkan Rekor Kecepatan di Darat

Melaju 293 Km/Jam Motor Listrik Pecahkan Rekor Kecepatan di Darat

Bonneville, 2 September 2019 – Tim Mobitec telah menghabiskan lima tahun berusaha untuk memecahkan rekor Chip Yates di lintasan padang garam Bonneville Salt Flats di Utah, Amerika Serikat. Yates berhasil menorehkan kecepatan 181,608 mph/ 292,2 kpj pada tahun 2011. Dia juga berhasil menembus kecepatan di atas 260 kpj.

8 tahun berselang, tim Mobitec kembali melakukan upaya guna memecahkan rekor itu. Luar biasanya, kali ini Mobitec menggunakan motor listrik. Tim asal Nagoya, Jepang ini amat yakin motor listrik itu mampu menembus kecepatan Yates.

Beragam uji coba pun sudah mereka lakukan, termasuk mengikuti Bonneville Motorcycle Speed Trials 2018 yang berujung kecelakaan. Ketika itu, Kaz Mazutani pembalap utama tim ini mengalami kecelakaan saat menorehkan kecepatan 296 kpj. Kecelakaan itu membuat upaya pemecahan rekor dibatalkan dan pembalap harus dirawat.

Akan tetapi, kecelakaan itu tidak membuat niat Mobitec memecahkan rekor kecepatan surut. Akhirnya, pada tanggal 31 Agustus 2019, Mobitec membawa motor listrik racikannya ke padang garam Bonneville untuk kembali mencoba memecahkan rekor.

Hasilnya, dikendarai oleh Ryuhji Tsurata, motor listrik Mobitec mencapai kecepatan 329,3 kpj di Bonneville Salt Flats di Utah. Pada kali kedua, Ryuhji mencatat kecepatan 329 kpj yang meratifikasinya sebagai Land Speed ​​World Record resmi yang didukung FIM.

REZA ERLANGGA