Beranda ACCESSORIES Mau Honda CBR150R Makin Keren? Upgrade dengan 10 Komponen Ini

Mau Honda CBR150R Makin Keren? Upgrade dengan 10 Komponen Ini

JAKARTA, Motovaganza.com — Modifikasi menjadi jalan paling mudah bagi pemilik motor yang ingin merombak tampilan. Tinggal rombak atau tambah aksesoris. Hal itu dilakukan agar tunggangannya dapat tampil beda dengan motor lain. Selain komponen aftermarket, ternyata ada beberapa pabrikan sepeda motor yang menjajakan aksesori tambahan.

Seperti yang dilakukan Astra Honda Motor (AHM). Pemegang merek Honda itu menyediakan part untuk mempermanis motor-motor keluaran mereka. Semuanya resmi. Di antaranya ada All New Honda CBR150R.

AHM punya 10 macam aksesori untuk motor sportnya yang berkapasitas 150 cc itu. Produk resmi ini biasa disebut Honda Genuine Accessories (HGA). Modelnya didesain khusus dan terjamin kualitasnya. Tak hanya memperkuat kesan sporty, sederet komponen ini juga membuat tampilannya semakin elegan.

Apa saja dan berapa pula harganya?

1. Single Seat Cowl

Peranti ini menggantikan fungsi jok belakang. Berupa cover berbahan plastik ABS berkualitas yang tentunya sangat presisi ketika di pasang. Motor jadi tampak meruncing di bagian buntut. Tentunya menambah kesan aura motor balap. Menariknya, pabrikan memberikan beberapa pilihan warna sesuai seri motor, plus tambahan sticker CBR, sehingga terlihat menarik. Single Seat Cowl lansiran AHM ini dibanderol Rp 650 ribu. Jika harga tersebut dirasa mahal dan ingin model lain, Anda bisa mencarinya melalui toko online. Tentu kualitas bahan tidak sebanding dengan yang ditawarkan HGA.

2. Tank Pad

Berfungsi melindungi penampung bahan bakar dari gesekan benda. Berkat penggunaan komponen itu, tangki bagian ujung dekat dengan pengendara dapat terlindungi. Ia memiliki fungsionalitas tinggi karena material utamanya berupa Silicon Rubber. Desainnya pun sporty, sesuai dengan konsep CBR150R. Honda membanderolnya Rp 120 ribu. Tak usah khawatir jika ingin model lain, diberbagai penjualan daring sudah banyak dijual dan harganya bervariatif.

3. Radiator Protector

Peranti ini sebenarnya adalah tameng dan terbuat dari alumunium. Sangat berguna kala motor dibawa jalan ke daerah berkerikil, terutama kala turing. Kisi-kisi yang ada di radiator biasanya sangat rentan rusak, karena posisinya terbuka. Tempatnya bisa dibilang rawan terkena benda asing sehingga bisa menyebabkan bocor. Maka itu, ia termasuk kategori peranti vital dan sangat bermanfaat. Harga radiator protector ini sebesar Rp 80 ribu. Selain yang ditawarkan HGA, ada pula yang dijajakan di toko daring. Bentuk, warna dan harganya tentu bervariatif, tinggal sesuaikan kebutuhan.

4. Fuel Lid Pad

Honda juga menyediakan perlindungan untuk bagian tutup tangki berupa Fuel Lid Pad. Aksesori tambahan ini sebetulnya hanya berupa stiker. Ia dapat ditempel dan bentuknya mengikuti alur di tutup tangki. Efeknya memberikan kesan sporty, karena motifnya pakai desain carbon fiber look. Menurut website resmi AHM dijual seharga Rp 40 ribu.

5. Crankcase Engine Protector

Selain bisa melindungi kaki pengendara dari panas mesin, komponen ini juga dapat melindungi bagian sisi mesin kala motor terjatuh. Aksesori ini diterapkan pada bagian kanan maupun kiri mesin luar. Materialnya tebuat dari Plastic Nylon (Heat Resist). Selain tahan panas, part ini juga membuat motor tampil makin mewah. Untuk mendapatkannya cukup siapkan uang sebanyak Rp 100 ribu/pcs.

6. Kit Fender Eliminator

Ia dapat menggantikan peran sebagai sepatbor belakang. Dirancang mengikuti kontur buntut CBR150R agar tidak terlihat kaku. Dibuat dari material Steel Plate berwarna hitam. Peranti ini dijual Rp 520 ribu dan sudah termasuk satu paket dengan lampu sein. Tak lupa juga dengan dudukan pelat nomor polisi bagian belakang. Jika yang ditawarkan HGA cukup mahal, Anda bisa mencari alternatif dengan membelinya di marketplace. Ada yang menjualnya lebih murah namun dengan model biasa saja. Tinggak sesuaikan keinginan.

7. Wheel Rim Sticker

Tak ada fungsi lain selain membuat tampilan CBR150R makin sporty dan racy. Sesuai namanya, aksesori ini ditempel di bagian bibir pelek. Materialnya dari vinyl dengan finishing printing glossy. Serta memiliki daya rekat layaknya Addesive 3M, menjadikannya tahan lama, bahkan bisa dibilang awet meski seringkali terkena hujan ataupun panas. HGA hanya menyediakan warna merah kombinasi putih saja dan cuma dijual Rp 58 ribu/pcs. Jika ingin warna lain bisa juga mencari di toko aksesori ataupun marketplace yang tersedia di Indonesia. Rata-rata menggunakan bahan yang sama, namun dengan motif yang bervariasi. Harganya pun tidak lebih dari Rp 100 ribu/pcs.

8. Under Grill Protector

Aksesori ini berperan penting untuk melindungi bagian mesin. Ia dapat menahan cipratan lumpur dan dapat mereduksi hantaman kerikil saat berkendara. Selain itu dapat bermanfaat juga dalam memberikan proteksi kepada leher knalpot dan memberikan kesan padat pada bagian kolong depan. Bahannya terbuat dari palstik ABS yang kuat dan berwarna hitam. Harga peranti ini berada pada kisaran Rp 150 ribu dan cara pasangnya pun sangat mudah.

9. Sticker Visor

Sama dengan wheel rim sticker, cuma bisa mendongkrak tampilan saja. Ukurannya tidak terlalu besar dan punya beragam varian warna sesuai seri motor. Bahannya hampir sama dengan yang ada di bibir roda. Membuat area depan tidak terlalu kosong, khususnya di bagian visor. Untuk harga ecerannya ditawarkan Rp 30 ribu/sepasang dan Anda bisa langsung bisa pesan ke diler resmi Honda terdekat atau dengan membelinya secara online.

10. Racing Paddock Stand

Peranti ini tidak membuat tampilan All New CBR150R makin keren, tapi sangat berfungsi ketika motor terparkir di rumah dan bermanfaat saat mencucinya. Karena sebagai motor sport sejati, ia tidak dibekali standar tengah. Selain fungsional, aksesori tambahan ini dikenal kuat, karena terbuat dari Steel Pipe. Punya finishing yang rapi, warna merah dan lengkap dengan roda kecil untuk mendorong. Hanya saja harga part ini termasuk mahal karena mencapai Rp 450 ribu. Adapula yang menawarkan harga lebih murah, namun masih dipertanyakan mengenai kualitasnya. Jika ingin model lain, Anda bisa mencarinya di toko online. Kisarannya hargnya bisa mencapai jutaan rupiah.

Itulah beberapa aksesori untuk All New Honda CBR150R. Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu di antaranya? Di beberapa diler Honda ada yang menjual HGA dengan paket khusus. Tentunya dengan harga yang lebih murah.

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto