Beranda BLOGS Mau Hemat Bensin Saat Berkendara? Coba Terapkan Tips Ini

Mau Hemat Bensin Saat Berkendara? Coba Terapkan Tips Ini

JAKARTA, 1 Juni 2016 – Berbagai teknologi untuk menghemat konsumsi bahan bakar sudah dilakukan pabrikan. Misalnya dengan menerapkan teknologi injection. Tapi konsumsi juga dipengaruhi kebiasaan alias perilaku si pengendara. Nah, untuk lebih hemat BBM, cobalah beberapa tips ringan berikut.

Pertama, periksa kondisi ban sebelum berjalan. Pastikan kedua “karet bundar” di motor Anda dalam kondisi yang baik dan memiliki tekanan angin sesuai takaran yang direkomendasikan pabrikan. Ban yang kekurangan angin akan membuat motor melaju lebih lambat karena gesekan ban dengan jalan menjadi lebih besar. Selain itu, ban yang kempes juga membuat tarikan gas menjadi lebih besar yang tentunya akan membuat pengeluaran bahan bakar menjadi lebih boros.

Kedua, periksa sistem pengereman pada motor Anda. Rem juga salah satu bagian yang perlu diperiksa sebelum digunakan. Rem yang terlalu menempel bisa membuat laju roda menjadi terhambat dan otomatis membuat tarikan gas dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Bagi anda pengguna motor yang dilengkapi dengan beragam aksesroris, pastikan aksesoris tersebut aman dan tidak melebihi bobot. Hal ini dikarenakan bobot motor juga sangat mempengaruhi laju. Penggunaan aksesoris yang berlebihan juga bisa membuat beban motor menjadi lebih besar sehingga motor memerlukan tarikan gas yang lebih besar untuk berjalan. Gunakanlah aksesoris motor yang tidak terlalu banyak dan berat agar beban motor menjadi tidak berlebihan.

Terakhir berkendaralah dengan cara yang bijak. Kebiasaan jelek ketika berkendara seperti menarik gas secara tiba-tiba setelah berhenti, “menggeber” gas, dan melakukan pengereman secara mendadak. Ketiganya bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak.

Semoga bermanfaat!

ANDHIKA KRESNA