Beranda UPDATES Masalah Rem Depan, Ribuan Yamaha R3 Kena Recall

Masalah Rem Depan, Ribuan Yamaha R3 Kena Recall

DETROIT, Motovaganza.com – Yamaha Motor Corporation mengumumkan recall terhadap Yamaha YZF-R3 atau versi ekspor dari R25. Disebutkan ada dua masalah pada pengereman. Yang intinya sistem pengereman berpotensi tidak berfungsi sehingga bisa berakibat pengendara kehilangan kendali motornya.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyebutkan recall dikeluarkan pada 28 Februari 2020. Penarikan itu terkait dengan sportbike Yamaha YZF-R3 yang diproduksi pada 2019. Pabrikan menyebutkan ada dua problem terkait rem bagian depan. Pertama, risiko kerusakan pada selang rem dan kedua pada kait braket yang mudah rusak. Di Amerika Serikat, ada ribuan unit yang ditarik kembali.

Ada dua poin yang menjadi fokus mereka. Pertama, disebutkan ketika pengendara memutar setang dari kiri ke kanan. Selang rem bersentuhan dengan kawat timah klakson. Kontak yang berulang berpotensi alami kebocoran, menyebabkan rem depan kehilangan optimalisasi fungsi. Pabrikan memperkirakan ada 1.561 unit berpotensi terkena masalah ini.

Masalah kedua, berkaitan dengan desain dudukan atau mounting rem depan. Dudukan selang rem dapat terlepas dan bersentuhan dengan garpu. Masalah ini dapat menyebabkan kerusakan pada pelindung dan selang rem, mengakibatkan kebocoran cairan rem. Dalam hal ini, sebanyak 1.480 sepeda motor diduga terkena dampak penarikan kembali.

Baca juga: Yamaha MT-10 2020, Makin Sangar Dengan Warna Baru

Yamaha R25

Sejauh ini belum ada informasi lanjutan apakah recall juga berdampak pada Yamaha R25. Mengingat kedua produk menggunakan part dan komponen rem yang sama. Pihak YIMM pun belum memberi pengumuman apapun terkait penarikan unit kembali yang ada di AS.

Sebetulnya Yamaha juga pernah melakukan penarikan terhadap R3 pada Mei 2019, karena ada kemungkinan tuas rem depan berpotensi patah. Recall yang dilakukan melibatkan 198 unit yang beredar di Amerika Serikat. Unit yang dimaksud untuk model produksi 6 Februari – 6 Maret 2019.

Yamaha YZF-R3 yang beredar di Eropa dan Amerika Serikat punya spesifikasi mirip dengan R25 di Indonesia. Memiliki dapur pacu 2 silinder DOHC 4 klep berpendingin cairan, hanya saja berbeda kubikasi yaitu 321 cc. Output powernya mencapai 42 Hp pada kitiran 10.750 rpm dan torsi sebesar 29,6 Nm pada 9.000 rpm.

Demikian juga dengan desain dan fiturnya yang serupa. Motor ini  mengadopsi desain front cowl dengan dual LED headligt. Dilengkapi air scoop yang terinspirasi dari Yamaha YZR-M1. Tersedia pula lampu hazard, tombol starter ala moge, spidometer full lcd digital, kemudian pakai model inverted fork alias upside down, serta pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Untuk di Indonesia bahkan ada opsi Yamaha R25 non-ABS.

Sumber : Ride Apart, Ultimate motorcycling, NHTSA

Baca juga: Ribuan Yamaha R3 Kena Recall, Ada Masalah Pada Rem Depan

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube The Official Oto